Jumat, 5 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
922

Pekerjakan Harian Lepas Bertahun-tahun, Ultrajaya Milk Industry Digugat

Bandung, BuruhOnline.com – Anton Nugraha dan kawan-kawan (7 orang) keberatan dengan tindakan PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk., yang melarangnya masuk dan bekerja seperti biasa. Alasannya, karena Anton dan kawan-kawan menolak dialihkan hubungan kerjanya ke Perusahaan lain. Menurut Anton melalui kuasa hukumnya, Mangiring Sibagariang, hubungan kerja yang sudah bertahun-tahun itu seharusnya sudah menjadi pekerja tetap.

“Selama ini, pekerja ini dipekerjakan dengan sistem harian lepas. Cuman harian lepasnya itu sudah bertahun-tahun lamanya. Dan mau dialihkan, dia (Perusahaan) menggunakan pihak ketiga, tentunya tujuh orang ini keberatan,” tutur Mangiring, Senin (6/1/2020). Menurutnya, Anton diberhentikan sejak bulan Mei 2019.

Anton telah berupaya untuk menyelesaikannya secara musyawarah di Dinas Tenaga Kerja, yang menganjurkan agar Perusahaan mempekerjakan kembali Anton dan kawan-kawan. Namun karena tidak adanya upaya untuk menerima kembali Anton untuk bekerja, akhirnya ia mendaftarkan gugatannya ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pegadilan Negeri Bandung, sejak 19 Desember 2019 lalu.

Dalam gugatan yang diregister dalam Perkara Nomor 309/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Bdg, Anton menuntut pembayaran upah selama tidak dipekerjakan sejak bulan Juli 2019. Atas tindakan PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk., yang tidak kunjung mempekerjakan Anton sesuai dengan anjuran Disnaker, Majelis Hakim diminta untuk menetapkan besaran uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak.

Tuntutan tersebut, didasarkan pada alasan hubungan kerja harian lepas yang diadakan Perusahaan sejak mereka bekerja antara tahun 2000 hingga 2008 itu, seharusnya berubah menjadi perjanjian kerja dengan hubungan kerja waktu tidak tertentu (pekerja tetap). Anton dan kawan-kawan juga meminta agar tanah serta bangunan pabrik yang beralamat di Jl. Raya Cimareme, Bandung Barat diletakkan sita jaminan.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Nopriza Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Nopriza
Guest
Nopriza

Banyak sekali pelanggaran yg di lakukan pihak perusahaan