Minggu, 23 Februari 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
336

Pemberitahuan Mogok Kerja Dianggap Tidak Sah, Assab Steels Menggugat Pekerjanya

Jakarta, BuruhOnline.com  – Sebagai akibat dari mogok kerja yang dilakukan oleh Sukriyadi dan kawan-kawan (5 orang), PT. Assab Steels Indonesia meminta Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, untuk menyatakan mogok kerja tidak sah, dan sekaligus menyatakan putus hubungan kerja dengan kualifikasi pelanggaran disiplin. Perusahaan menilai surat pemberitahuan mogok kerja tanggal 17 Juli 2019, bertentangan dengan hukum, sehingga pihaknya hanya bersedia memberikan uang kompensasi pesangon sebesar satu kali ketentuan undang-undang ketenagakerjaan.

Sukriyadi diwakili kuasa hukumnya, Rudol mengatakan adanya rencana Perusahaan melakukan penutupan salah satu bagian yang merupakan bagian kerja dari kelima Pekerja. Atas penutupan tersebut, Sukriyadi dan kawan-kawan meminta tetap dipekerjakan tetapi PT. Assab Steels Indonesia berkehendak ingin mengakhiri hubungan kerja. “Memang berawal dari adanya rencana Perusahaan untuk melakukan penutupan line atau departemen machining,” ujar Rudol, Senin (20/1/2020).

Menurut Rudol, rencana penutupan karena adanya faktor merugi. “Jadi beberapa tahun berjalan, divisi machining mengalami kerugian sehingga perlu dilakukan revitalisasi atau efisiensi terhadap departemen tersebut,” tambahnya. Dikatakannya, Dinas Tenaga Kerja telah menganjurkan Perusahaan untuk memberikan uang pesangon sebesar dua kali ketentuan undang-undang.

Menanggapi keinginan Perusahaan yang mengajukan gugatan pemutusan hubungan kerja, Rudol berharap Majelis Hakim PHI Jakarta Pusat dapat arif dan bijaksana untuk memutuskan hubungan kerja tetap dapat dipertahankan, serta memerintahkan PT. Assab Steels Indonesia mempekerjakan kembali Sukriyadi dan kawan-kawan.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] telah diberitakan sebelumnya, Sukriyadi dan kawan-kawan (5 orang) digugat oleh PT. Assab Steels Indonesia, akibat […]