Minggu, 5 April 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
303

Berdalih Satu Group, Mutasi Antar Perusahaan Dianggap Sah

Jakarta, BuruhOnline.com – PT. Terang Jaya Lestari menganggap tindakannya yang memutasikan Pekerja yang menjabat sebagai Asisten Manager Keuangan itu, ke PT. Taipan Jaya Lestari yang merupakan bagian dari Perusahaan Group, telah sah dan benar secara hukum. Anggapan tersebut dibantah oleh Janu Wiyanto selaku kuasa hukum Pekerja, Senin (10/2/2020). Menurut Janu, meskipun dalam satu group tetapi kedua Perusahaan memiliki entitas yang berbeda.

Seusai menghadiri persidangan, Janu menegaskan, bahwa pemindahan tugas Pekerja dari PT. Terang Jaya Lestari ke PT. Taipan Jaya Lestari, haruslah dengan mekanisme yang disepakati oleh Pekerja. “Jadi dia (Perusahaan) memindah karyawan begitu saja, padahal dua Perusahaan yang berbeda,” ujar Janu.

Ia juga menjelaskan, bahwa pihaknya telah berupaya untuk menyelesaikan perselisihan pemutusan hubungan kerja tersebut, secara kekeluargaan. “Kami pernah mengundang untuk berdamai, tapi nampaknya gak bisa berdamai,” terangnya. Bahkan anjuran Pegawai Mediator Hubungan Industrial pada Dinas Tenaga Kerja, juga tidak diindahkan Perusahaan.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, keinginan PT. Terang Jaya Lestari yang hendak memindahkan Pekerjanya ke Perusahaan lain itu, akhirnya berujung pada pemutusan hubungan kerja secara sepihak sejak Mei 2019 lalu. Pekerja yang baru bekerja selama 2 (dua) tahun tersebut, menuntut pembayaran uang pesangon, tunjangan hari raya, dan upah yang belum diberikan.

Hakim Taryan Setiawan selaku Ketua Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang memimpin persidangan, memutuskan untuk menunda sidang hingga pekan depan dengan agenda mendengerakan keterangan dua orang saksi yang diajukan oleh Perusahaan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of