Sabtu, 4 April 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
288

BNI Life Insurance Hadirkan Saksi, Kuasa Pekerja: Kami Beruntung

Jakarta, BuruhOnline.com – Tak mudah bagi Pekerja menghadirkan saksi, terlebih saksi yang hendak dihadirkan masih memiliki hubungan kerja dengan Perusahaan. Keadaan serupa, dialami oleh Hema Anggiat Marojahan selaku kuasa hukum dari Nurmansjah Soleiman. Ia mengaku kesulitan menghadirkan saksi, yang tidak memiliki benturan kepentingan dengan PT. BNI Life Insurance. Tetapi setelah pihaknya berada dalam keputus-asaan, pihak Perusahaan justru meminta Majelis Hakim untuk menggelar sidang saksi yang akan dihadirkannya.

“Sebenarnya kami beruntung ya. Tadinya kami bingung juga mau hadirkan saksi. Karena kalau kita hadirkan dari pihak BNI, takut ada conflict of interest-kan. Jadi ternyata mereka yang hadirkan,” tutur Hema usai menghadiri persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020).

Hema mengatakan, keterangan saksi yang dihadirkan oleh Perusahaan, justru menguntungkan pihaknya. Sebab, saksi menjelaskan, bahwa unsur penilaian kinerja bukanlah pencapaian target. Pemberian sanksi terhadap tidak tercapainya target hanya dapat diberikan, setelah penilaian kinerjanya buruk selama dua tahun terakhir.

Sebaliknya, Nurmansjah yang belum lama mendapatkan penilaian good, diberikan surat peringatan karena dianggap kurang memenuhi pencapaian target yang ditetapkan Perusahaan. “Artinya-kan sudah bertentangan. Ada prosedur yang dilangkahi dan dilewati, dan tidak masuk akal,” tegas Hema. Dengan telah dikeluarkannya surat peringatan, akhirnya Nurmansjah diakhiri hubungan kerjanya secara sepihak terhitung sejak akhir Mei 2019.

Ia berharap, Majelis Hakim dapat mempertimbangkan keterangan saksi yang dihadirkan oleh PT. BNI Life Insurance, untuk menjadikan dasar dikabulkannya tuntutan Nurmansjah yakni dengan menyatakan surat peringatan yang diberikan Perusahaan tidak sah dan batal demi hukum. Serta menetapkan besaran uang kompensasi sebagai akibat dari pengakhiran hubungan kerja, dan upah selama tidak dipekerjakan sebesar 6 (enam) bulan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of