Minggu, 23 Februari 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
271

Bukan Anggota Serikat & Tidak Ikut Perundingan, Tanpa Persetujuan Pesangon Ditransfer

Bandung, BuruhOnline.com – Samlawi keberatan dengan pemberhentian sepihak dirinya, yang dirundingkan oleh Serikat Pekerja dan PT. Sunindo Adi Persada. Padahal, Samlawi bukanlah anggota dari serikat pekerja, dan tanpa persetujuannya untuk melakukan perundingan pemutusan hubungan kerja dirinya dengan Perusahaan. Perundingan tersebut, kemudian menghasilkan kesepakatan yang menyetujui pemutusan hubungan kerja, dengan pembayaran uang pesangon sebesar Rp20 juta yang ditransfer langsung ke rekening Samlawi.

Menurut kuasa hukum Samlawi, Sutrisno mengatakan, pihaknya baru mengetahui adanya pembayaran uang pesangon ke rekening Samlawi, pada saat sidang mediasi di Dinas Tenaga Kerja. “Mediator memberi tahu, Perusahaan telah membayar pesangon. Setelah itu, klien saya datang ke Perusahaan untuk mengembalikan dana yang ditransfer itu, cuman Perusahaan menolak,” ujarnya, Rabu (5/2/2020).

Dengan telah dilakukannya pembayaran uang pesangon, PT. Sunindo Adi Persada menganggap sudah tidak lagi memiliki kewajiban apapun kepada Samlawi. Hal tersebut dibantah oleh Sutrisno. Menurutnya, kesepakatan yang dibuat oleh Serikat Pekerja tanpa persetujuan Samlawi telah bertentangan dengan undang-undang.

“Sementara kesepakatan itu dihadiri oleh serikat. Sementara, klien saya bukan anggota serikat dan gak ikut hadir dalam perundingan. Makanya menurut kami, kesepakatan itu nggak sah,” tandas Sutrisno usai menghadiri persidangan yang beragenda mendengarkan keterangan saksi di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung.

“Bantahan saya, sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004. Pengurus serikat hanya bisa mewakili anggotanya, sementara klien saya bukan anggota serikat sehingga dia tidak bisa berunding untuk menyepakati pesangon,” tambah Sutrisno. Sidang yang dipimpin oleh Hakim Suwanto tersebut, akhirnya ditunda hingga pekan depan, untuk memberikan kesempatan kepada para pihak menyerahkan kesimpulan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of