Minggu, 23 Februari 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
213

Diberhentikan Setelah Tiga Bulan Bekerja, Pengadilan Diminta Tetapkan Pesangon

Jakarta, BuruhOnline.com – Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, diminta oleh Kristin Anggar Kusuma untuk menetapkan besaran uang pesangon sebagai akibat dari pengakhiran hubungan kerja yang dilakukan oleh PT. Asuransi Reliance Indonesia. Meskipun baru bekerja selama tiga bulan, Kristin melalui kuasa hukumnya, Arbanigo menilai pemberhentian yang dilakukan Perusahaan haruslah disertai kompensasi.

“Yang dilakukan oleh PT. ARI terhadap klien kami adalah pemutusan hubungan kerja secara sepihak dan ada perselisihan hak juga disitu,” tutur Arbanigo, Rabu (5/2/2020) usai menghadiri persidangan yang digelar PHI Jakarta Pusat. Ia menyebut, Kristin belum pernah mendapatkan perjanjian kerja kontrak, sehingga hubungan kerja selama tiga bulan haruslah dianggap sebagai hubungan kerja dengan perjanjian kerja waktu tidak tertentu (pekerja tetap).

“Kebetulan klien kami baru bekerja tiga bulan. Dan tiba-tiba diputus tanpa alasan yang jelas,” ujarnnya. Menurut Arbanigo, pihaknya telah berupaya untuk dapat menyelesaikan permasalahan hubungan kerja dengan PT. Asuransi Reliance Indonesia di Dinas Tenaga Kerja. “Anjuran Disnaker. Satu, pihak PT. ARI memberikan hak-hak yang ada di klien kami, dan uang proses,” tambahnya.

Arbanigo menyebut, Kristin hanya menuntut hak akibat pengakhiran hubungan kerja sesuai dengan anjuran dari Dinas Tenaga Kerja, yakni uang pesangon sebesar dua bulan upah, uang penggantian hak, dan upah selama proses sebanyak 6 (enam) bulan upah. “Ya kami sesuai dengan anjuran yang ada dari Disnaker Jakarta Utara. Pertama kami minta hak klien kami, dan uang proses,” tandas Arbanigo.

Dalam sidang perdana tersebut, PT. Asuransi Reliance Indonesia tidak hadir. Sedianya persidangan beragendakan pemeriksaan identitas dari para pihak. Namun karena tidak hadir, maka Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim M. Djoenanidie menunda sidang hingga pekan depan, untuk memberikan kesempatan kepada Perusahaan membacakan jawaban gugatan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of