Jumat, 5 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
430

Dipindahkan ke Perusahaan Lain dan Dialihkan Keluar Pulau Jawa

Jakarta, BuruhOnline.com – Zahwarsah dan kawan-kawan (6 orang) menolak keinginan PT. Citra Makmur Lestari Motorindo, yang hendak memindahkannya ke PT. Thamrin Brother. Lantaran, ia hendak dipindahkan ke Perusahaan lain dengan badan hukum yang berbeda, dan lokasi Perusahaan yang baru juga berada di Palembang, Sumatera Selatan. Melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Zahwarsah meminta agar surat keputusan pengalihan operasional, dinyatakan tidak sah dan batal demi hukum.

“Oktober akhir, mendapatkan surat dari manajemen, pengalihan operasional kegiatan yang ada di PT. Citra Makmur Lestari ini ke PT. Thamrin Brother. Jadi semua kegiatan operasional di PT. Citra Motor ini dipindahkan ke Palembang,” ujar Rohman salah seorang kuasa hukum Zahwarsah usai menghadiri gelaran persidangan di PHI Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020).

Alasan penolakan Zahwarsah juga dikuatkan dengan anjuran dari Dinas Tenaga Kerja. Sebab, Disnaker menilai, pengalihan kegiatan dan Pekerja ke Perusahaan yang berbeda badan hukum adalah tidak sah. “Anjurannya tersebut mempekerjakan kembali di PT. Citra, (dan) menolak pengalihan operasional tersebut karena beda badan PT, badan hukum,” tegas Rohman.

Menurutnya, alasan PT. Citra Makmur Lestari Motorindo mengalihkan kegiatannya karena penjualan kendaraan bermotor roda dua di Jakarta mengalami penurunan. “Alasannya itu dikarenakan keuangan pendapatan Perusahaan itu minus,” jelas Rohman. Dalam surat gugatannya, Zahwarsah dan kawan-kawan, meminta Majelis Hakim PHI Jakarta Pusat untuk memerintahkan Perusahaan membayar upah bulan Nopember dan Desember 2019.

Rohman juga mengatakan, kemungkinan pihak Perusahaan tidak dapat mempekerjakan kembali Zahwarsah. “Nggak mungkin dipekerjakan kembali karena dia sendiri alasannya tidak mampu lagi untuk membayar upah di tahun 2020 ini,” tuturnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of