Selasa, 2 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
374

Disuruh Pensiun Dini, Pekerja Tolak Tawaran Pesangon Tak Sesuai Undang-Undang

Jakarta, BuruhOnline.com – Setelah bekerja sejak Juni 1991, Yosephine Retna Wijayanti diminta oleh PT. Elokuensi Harapan Bangsa untuk mengajukan pensiun dini. Dengan segala pertimbangan, akhirnya Yosephine dengan terpaksa membuat permohonan pensiun dini dirinya sejak Juli 2019. Namun karena besaran uang pensiun tidak sesuai dengan perhitungan yang diatur oleh undang-undang, Yosephine menolaknya dan mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dalam surat gugatannya, Yosephine meminta Majelis Hakim, untuk menghukum PT. Elokuensi Harapan Bangsa membayar uang pesangon sebesar dua kali ketentuan undang-undang, beserta kekurangan upah minimum tahun 2017, 2018 dan 2019. Ia juga meminta penerbitan surat pengalaman kerja, beserta upah selama persidangan di PHI Jakarta Pusat.

“Pihak Perusahaan meminta kepada Pekerja untuk mengajukan pensiun dini, akhirnya pihak Pekerja mengikutilah apa yang diinginkan oleh Perusahaan. Namun setelah diberikan surat dari Perusahaan, bahwa upah, pesangon dan sebagainya itu tidak sesuai sebagaimana diamanatkan undang-undang,” tutur Iswandi selaku kuasa hukum Yosephine, Senin (3/2/2020).

Sebelum mengajukan gugatan, Yosephine telah meminta pemerantaraan Dinas Tenaga Kerja, agar permasalahannya dapat mencapai kesepakatan. Namun hingga diterbitkannya anjuran, Perusahaan tidak kunjung membayar uang pensiun dini sesuai dengan aturan yang berlaku. “Anjurannya ya itu, sebagaimana amanat undang-undang,” tandas Iswandi.

Dalam persidangan perdana yang dipimpin oleh Hakim Duta Baskara itu, PT. Elokuensi Harapan Bangsa dinyatakan tidak hadir. Padahal, sesuai dengan acara sidang, seharusnya beragendakan pemeriksaan identitas dan pembacaan surat gugatan. Namun karena Perusahaan tidak hadir, akhirnya Hakim Duta menunda sidang hingga pekan depan, untuk memberi kesempatan kepada Perusahaan mempersiapkan jawaban gugatan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of