Sabtu, 6 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
429

Kesepakatan Dibantah Karena Pekerja Tak Pernah Tanda Tangan

Jakarta, BuruhOnline.com – PT. Cardolestari Indonesia digugat Sumarni ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, lantaran adanya kesepakatan dalam Perjanjian Bersama (PB) yang telah ditanda-tangani Sumarni. Anggapan Perusahaan dibantah oleh Sumarni melalui kuasa hukumnya, Nurul Amalia, Senin (27/1/2020).

Dikatakan Amalia, Sumarni tidak pernah menanda-tangani PB apapun. Justru Perusahaan telah menganggapnya mengundurkan diri sejak 18 Februari 2019. “Penggugat tidak pernah merasa menandatangani PB tersebut, tiba-tiba PB-nya ada,” tutur Amalia usai menghadiri persidangan yang digelar di ruang sidang Oemar Seno Adji 2, gedung PHI Jakarta Pusat.

Ia menduga, ada pihak lain yang menandatangani PB yang menyepakati pengakhiran hubungan kerja Sumarni dengan PT. Cardolestari Indonesia. “Kita-kan tidak terima adanya Perjanjian Bersama. Kita menolak itu, dan dia (Sumarni) merasa tidak pernah menadatangani Perjanjian Bersama,” tambahnya.

Amalia mengaku, pihaknya telah melaporkan dugaan pemalsuan tanda-tangan tersebut ke pihak Kepolisian, dan akan menjadikannya sebagai salah satu bukti di persidangan. “Kami sih berharap, Majelis Hakim memberikan putusan yang secara adil,” ujar Amalia. Sebab, dalil pengunduran diri yang dipersangkakan oleh Perusahaan, sangat janggal.

Menurutnya, aturan mengundurkan diri atas kemauan diri sendiri, didahului dengan adanya surat permohonan dari Pekerja sekurang-kurangnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal efektif mengundurkan diri. “Artinya melihat dari bukti-bukti yang ada, bahwa tanggal pengunduran diri dibuat hari itu dan PHK-nya juga hari itu,” tandas Amalia.

Dalam surat gugatannya, Sumarni melalui Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Duta Baskara, menuntut Perusahaan untuk membayarkan hak-hak pengakhiran hubungan kerja berupa uang pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak. Serta upah selama proses pemutusan hubungan kerja sejak Juli 2019.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of