Minggu, 23 Februari 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
504

Komisi Belum Dibayarkan, Marketing Bank Commonwealth Tempuh Jalur Hukum

Jakarta, BuruhOnline.com – Demi mendapatkan komisi yang belum dibayarkan, Angela Kusuma meminta Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, untuk memerintahkan PT. Bank Commonwealth memberikan hak-haknya berupa Uang Komisi, Tiket Perjalanan ke Luar Negeri, dan Hadiah Emas seberat 2 gram. Menurutnya, pemberian komisi dan yang lainnya tersebut, merupakan hasil dari penjualan produk perbankan yang ia lakukan sebelum diskorsing oleh Perusahaan.

“Begitu diskorsing itu, tadinya saya sudah mendapatkan trip (perjalanan) dari hasil penjualan sebelumnya,” ujar Angela usai menghadiri sidang yang baru beragendakan pemeriksaan identitas dari pihak Perusahaan, Rabu (5/2/2020). Dikatakannya, Perusahaan sudah menjatuhkan skorsing sejak bulan Mei dan Juni 2019.

“Saya-kan diskorsing, dengan alasan macam-macam. Terus udah gitu, dicabut skorsingnya. Walaupun udah dicabut, tapi mereka tidak mau membayarkan komisi saya. Dan sempat juga, gajir dan THR saya gak dibayarkan,” tandas Angela.

Lalu Perusahaan mencabut skorsing yang telah diberikan, dan menyuruh Angela selaku Relationship Manager itu, untuk masuk bekerja tetapi tanpa diberikan pekerjaan. “Skorsing dicabut, terus saya disuruh duduk aja. Enam bulan lebih kali. Jadi (saya) duduk, disuruh dateng, absen aja, terus gak dikasih kerjaan. Terus gak ada yang ngajak ngomong,” tuturnya.

Angela yang telah bekerja selama enam tahun di PT. Bank Commonwealth itu, telah berupaya untuk menyelesaikan permasalahan belum diberikannya komisi ke Dinas Tenaga Kerja. Dalam anjurannya, Disnaker tidak dapat mempertimbangkan tuntutan pembayaran komisi. Perusahaan hanya dianjurkan membayar denda keterlambatan upah.

Hakim M. Djoenanidie menunda persidangan hingga pekan depan, untuk memberikan kesempatan kepada Perusahaan membacakan jawaban atas gugatan yang diajukan oleh Angela pada 8 Januari 2020 lalu itu.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of