Sabtu, 28 Maret 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
276

Kuasa Hukum Pekerja: Tak Mungkin Bisa Ramaikan Hotel Dalam Empat Bulan

Jakarta, BuruhOnline.com – Jandry Luhukay selaku kuasa hukum Brando Hadi September, mengatakan, tidak mungkin dalam empat bulan bisa meramaikan Hotel Arthama. Pihaknya akan menghadirkan saksi pada persidangan pekan depan yang dapat menguatkan dalilnya tersebut, untuk menyakinkan Majelis Hakim, bahwa pemberhentian Brando secara sepihak, bukan karena kesalahan Pekerja.

Permasalahan ini diawali sejak PT. Arthama Hotel Lestari Jakarta, mengakhiri secara sepihak perjanjian kerja kontrak yang telah disepakati berlaku selama dua tahun sejak 7 Januari 2019. Brando tidak berkeberatan jika diakhiri kontrak kerjanya, tetapi dengan disertai pembayaran upah sisa kontrak sebesar dua puluh bulan upah. Namun pihak Perusahaan hanya bersedia memberikan ganti rugi sisa upah sebesar Rp10 juta.

“Dia baru bekerja empat bulan. Nah dua bulan setengah itu operasional, baru pembangunan proyek. Nah satu bulan setengah baru dia melaksanakan operasional. Mana bisa, atau siapapun GM-nya tidak mungkin bisa meramaikan hotel secepat itu,” ujar Jandry usai menghadiri persidangan yang digelar Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (10/2/2020).

Dikatakan Jandry, pihaknya telah mengajukan 10 bukti surat. Diantaranya perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak), surat pemberhentian, dan anjuran Dinas Tenaga Kerja. Sedangkan PT. Arthama Hotel Lestari Jakarta juga telah menyampaikan 17 bukti surat. Menurut Jandry, Perusahaan mengajukan bukti chat di smartphone. “Dan ada bukti mereka ajukan chat, namun diminta oleh Majelis Hakim untuk menunjukan handphonenya,” tutur Jandry.

Dalam chat tersebut, diketahui bahwa pernah ada pernyataan Brando sebagai General Manager yang akan meramaikan hotel. Tetapi, ditambahkan Jandry, belum tercapainya pernyataan Brando diantaranya terjadi karena tingkat kesejahteraan Pekerja di PT. Arthama Hotel Lestari Jakarta masih dibawah standar ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu, ia juga baru bekerja empat bulan dari 24 bulan waktu kerja yang disepakati bersama dengan Perusahaan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of