Senin, 6 Juli 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
509

Kurang Disiplin Jadi Alasan Pemberhentian Tanpa Putusan Pengadilan

Jakarta, BuruhOnline.com – PT. Radana Bhaskara Finance menganggap Awindra Suwarto kurang disiplin, sehingga ia diberhentikan secara sepihak sejak Agustus 2019. Menanggapi pemberhentian tersebut, Jaka Syahroni selaku kuasa hukum Awindra yang telah bekerja selama hampir 13 tahun mengatakan, alasan kurang disiplin tidak berarti dapat menghapuskan kewajiban yang harus diberikan Perusahaan sebagai kompensasi pengakhiran hubungan kerja.

“Alasannya itu karena kurangnya disiplin. Tetapi dari persoalan disiplin itu, tidak mengurangi atau tidak menghapuskan hak-haknya si karyawan,” ujar Syahroni usai menghadiri persidangan yang digelar Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (10/2/2020).

Dalam gugatannya, Awindra meminta Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim Taryan Setiawan, menghukum PT. Radana Bhaskara Finance yang memutuskan hubungan kerjanya tanpa putusan pengadilan, untuk membayarkan uang kompensasi dan hak-hak lainnya sebagai akibat dari pengakhiran hubungan kerja secara sepihak sesuai dengan permohonan sebelumnya di Dinas Tenaga Kerja.

Sidang perdana yang seharusnya beragendakan pemeriksaan identitas para pihak tersebut, akhirnya ditunda oleh Hakim Taryan hingga pekan depan. Sebab, Perusahaan tidak hadir dalam persidangan, padahal relaas panggilan sidang telah disampaikan kepada kedua belah pihak. “Agenda sidang selanjutnya, besok ada pemanggilan di tanggal 17 Februari 2020, si-T itu dipanggil kembali oleh Pengadilan (karena) hari ini tidak datang,” tutur Syahroni.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] telah diberitakan sebelumnya, PT. Radana Bhaskara Finance menganggap Awindra kurang disiplin, sehingga ia […]