Sabtu, 4 April 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
835

Pengadilan Batalkan Surat PHK Sepihak Ketua Serikat Pekerja

Jakarta, BuruhOnline.com – Surat Keputusan Pemutusan Hubungan Kerja yang diterbitkan CV. Trimitra Kencana bertanggal 30 Agustus 2019 terhadap Emal Oktovi, dinyatakan tidak sah dan batal demi hukum oleh Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Amar putusan yang dibacakan oleh Hakim M. Djoenanidie itu, sontak mengundang rasa gembira yang tak tertahankan dari Emal dan teman-temannya yang menghadiri persidangan, Rabu (26/2/2020).

“Mengabulkan bahwa putusannya, putusan PHK-nya sejak putusan dibacakan. Terus PHK tanggal 30 Agustus, batal,” ujar Tri Iswahyudi selaku salah seorang kuasa hukum Emal. Emal yang juga sekaligus sebagai Ketua Serikat Pekerja di CV. Trimitra Kencana tersebut, terpaksa menuntut tempat bekerjanya selama tujuh tahun terakhir itu, ke PHI Jakarta Pusat. Sebab, ia diberhentikan secara sepihak hanya karena dianggap menolak mutasi dari jabatannya sebagai staff menjadi pengawas produksi.

Dirinya telah berusaha meminta pemerantaraan mediasi di Dinas Tenaga Kerja. Dalam anjurannya, Disnaker menyarakan CV. Trimitra Kencana untuk memberikan uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan penggantian hak sebesar satu kali ketentuan undang-undang. Anjuran tersebut ditolak oleh Emal.

Dalam surat gugatannya yang diregisterasi dengan Perkara Nomor 398/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst. tersebut, ia tak hanya mengajukan tuntutan pembayaran upahnya selama tidak dipekerjakan. Tetapi juga meminta agar surat PHK dinyatakan tidak sah, dan menetapkan besaran uang pesangon sebesar dua kali ketentuan undang-undang.

“Yang dikabulkan, pesangon dua kali. Upah proses, penggantian hak. Uang penghargaan satu kali. PHK tanggal 30 Agustus tahun 2019 itu batal demi hukum. Dan menyatakan putus hubungan kerjanya semenjak putusan dibacakan,” tutur Tri. Atas putusan tersebut, ia mengaku kesiapannya apabila Perusahaan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of