Sabtu, 6 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
466

Penutupan Salah Satu Departemen Jadi Alasan Skorsing Menuju PHK

Jakarta, BuruhOnline.com – Untuk menguatkan dalil gugatannya, PT. Assab Steels Indonesia pada pekan lalu telah menghadirkan dua orang saksi, yang menerangkan kebenaran adanya penutupan salah satu departemen, yakni bagian machining. Sehingga pemberhentian terhadap Sukriyadi dan kawan-kawan (5 orang) tidak bisa dihindari. Terhadap keterangan saksi yang diajukan Perusahaan selaku Penggugat, Sukriyadi, Senin (24/2/2020) juga mengajukan dua orang saksi, yakni Jon Novel dan Sulaiman.

Usai persidangan lanjutan yang digelar oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat , Rudol selaku salah seorang kuasa hukum Sukriyadi menjelaskan, kedua saksi yang dihadirkan pihaknya tersebut, menjelaskan proses penutupan bagian machining hingga skorsing yang mengarah pada pemutusan hubungan kerja. Rudol juga dalam dupliknya telah membantah pemberian skorsing yang tidak sesuai dengan ketentuan undang-undang.

“Karena mereka di-skorsing bukan karena pelanggaran, bukan karena kesalahan, bahkan penerapannya tanpa SP tiga, tetapi langsung skorsing menuju PHK,” tuturnya. Atas hal tersebut, Rudol telah mengajukan 20 bukti surat, diantaranya risalah bipartit, mediasi hingga pengumuman penutupan bagian machining.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Sukriyadi dan kawan-kawan digugat oleh PT. Assab Steels Indonesia, akibat dari mogok kerja tidak sah. Karenanya, Perusahaan meminta Pengadilan menyatakan putus hubungan kerja dengan kualifikasi pelanggaran disiplin. Perusahaan menilai surat pemberitahuan mogok kerja tanggal 17 Juli 2019, bertentangan dengan hukum, dan pihaknya hanya bersedia memberikan uang kompensasi pesangon sebesar satu kali ketentuan undang-undang ketenagakerjaan.

Pada 10 Februari lalu, Sukriyadi mengatakan, alasan Perusahaan mengajukan gugatan adalah melakukan pelanggaran PKB. Padahal faktanya, dari bipartit sampai tingkat mediasi, Perusahaan mendalilkan pemutusan hubungan kerja karena penutupan divisi machining dan akibat kerugian Perusahaan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of