Sabtu, 4 April 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
399

PHK Kawan Lama Diijinkan Disnaker, Pekerja Ajukan 17 Bukti

Jakarta, BuruhOnline.com – Untuk membuktikan dirinya tidak layak diberhentikan oleh PT. Kawan Lama Sejahtera, akhirnya Hans Karius Sembiring mengajukan 17 (tujuh belas) bukti surat dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020). “Jadi bukti-bukti yang diajukan itu ada surat pengangkatan, sesuai juga dengan keterangan dari Tergugat. Bahwa Penggugat sudah diangkat dari 1 Mei 2002,” ujar Hans.

Ia juga menyampaikan surat pemberhentian yang dibuat oleh PT. Kawan Lama Sejahtera, bahwa pengakhiran hubungan kerja dilakukan karena berakhirnya masa kontrak.”Dimana surat itu dikeluarkan pada 16 Januari 2019,” tambahnya. Hans menolak diberhentikan atas alasan kontrak kerja, karena dirinya tidak pernah merasa ada pemutusan hubungan kerja sejak bekerja terhitung Nopember 2001.

Ia juga mengaku aneh dengan anjuran Dinas Tenaga Kerja yang memberi ijin kepada Pengusaha, untuk melakukan pemutusan hubungan kerja Hans dengan kualifikasi penolakan mutasi. “Anjurannya meminta Penggugat (Pekerja) menerima pemutusan hubungan kerja dengan Tergugat, karena mutasi,” terang Hans.

Dalam surat gugatan yang teregister dengan Perkara Nomor 395/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst., Hans yang ditempatkan sebagai Sales Supervisor, menuntut PT. Kawan Lama Sejahtera untuk memberikan uang pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak, sebagai kompensasi dari pengakhiran hubungan kerja terhadapnya yang dilakukan Perusahaan pada 30 Juni 2013.

Sidang yang dipimpin oleh Hakim Duta Baskara itu, ditunda hingga pekan depan untuk memberikan kesempatan kepada Hans menghadirkan dua orang saksi.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of