Senin, 6 Juli 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
268

Saksi: Pekerja Hanya Diperbantukan Mengurus Yayasan Bunda Hati Kudus

Jakarta, BuruhOnline.com – Dalam gelaran lanjutan persidangan antara Martinus Rio dengan Yayasan Bunda Hati Kudus, Rabu (26/2/2020), dengan agenda mendengarkan keterangan saksi. Terungkap, adanya surat yang diterbitkan oleh Personalia Yayasan kepada Martinus, yang memanggil dirinya bekerja. Hal itu diketahui oleh saksi yang dihadirkan pihak Yayasan, bahkan lebih lanjut ia mengatakan, Martinus dapat diperbantukan menjadi sekretaris Yayasan.

“Karyawan tetap itu dapat diperbantukan menjadi pengurus Yayasan, dan itu selama ini sudah berjalan seperti itu. Tidak ada aturan yang melarang. Karena Martin dari karyawan biasa diperbantukan disana,” ujar Ulrikus Laja selaku salah seorang kuasa hukum Martinus saat diminta untuk mengulang penjelasan saksi, sesaat setelah menghadiri sidang di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Setelah selesai diperbantukan, maka status karyawan Martinus tidak hilang dan kembali menjadi karyawan biasa sesuai dengan surat yang diterbitkan oleh Yayasan pada 19 Maret 2019, tandas Ulrikus. “Dan itu sesuai dengan surat mereka tanggal 19 Maret itu, yang panggilan pertama, mereka sendiri menjelaskan jika saudara diberhentikan dari staf pengurus sebagai sekretaris, saudara kembali menjadi karyawan biasa,” tambahnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Martinus dikualifikasi telah mengundurkan diri terhitung sejak Agustus 2018. Namun anggapan tersebut dibantah oleh Martinus. Ia menilai, pengakhiran hubungan kerja yang dilakukan Yayasan merupakan pemberhentian secara sepihak. Sehingga, dirinya meminta diberikan uang pesangon, penghargaan masa kerja, dan uang penggantian hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pada 22 Januari lalu, Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim M. Djoenanidie, menolak eksepsi kewenangan mengadili yang diajukan oleh Yayasan. Sehingga menurutnya, PHI Jakarta Pusat berwenang untuk memeriksa, mengadili dan memutus gugatan yang diajukan Martinus.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of