Kamis, 2 Juli 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
708

Saksi Ungkap Perusahaan Tak Setorkan Iuran BPJS Dari Pekerja

Jakarta, BuruhOnline.com – Dalam lanjutan sidang pemeriksaan gugatan perselisihan pemutusan hubungan kerja, yang diajukan oleh Fadhil dan kawan-kawan (17 orang) terhadap PT. Sentinel Garda Semesta sejak 14 Nopember 2019 lalu, kembali digelar oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020). Pada sidang yang beragendakan mendengarkan keterangan saksi dari Fadhil dan kawan-kawan, terungkap adanya tindakan Perusahaan yang memungut iuran jaminan sosial tetapi tidak disetorkan ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

“Perilaku Perusahaan kepada karyawan, tadi terungkap dari tahun 2001, 2002 sampai 2008, bahwa telah terjadi pemotongan BPJS yang tidak disetorkan ke BPJS-nya. Sehingga akalu (ada) yang mundur ke BPJS-nya nggak bisa keluar,” tutur Bambang Sri Pujo Sukarno Sakti selaku kuasa hukum dari Fadhil dan kawan-kawan. Ia juga mengatakan, dalam sidang pemeriksaan saksi, terbukti bahwa Fadhil dan kawan-kawan merupakan Pekerja PT. Sentinel Garda Semesta.

“Lalu juga sudah dibuktikan tadi bahwa para Penggugat (Pekerja) ini benar karyawan PT. Sentinel, yaitu ada name tag-nya, ada ID Card-nya, ada slip gajinya, ada surat pengangkatannya. Dan kita udah buktikan,” tegas Bambang. Sedangkan terhadap kelanjutan hubungan kerja, Perusahaan sudah pernah menerbitkan surat yang menyatakan ketidakmampuannya untuk membayar upah Pekerja.

Sebelum mengajukan gugatan, Fadhil dan kawan-kawan telah berusaha untuk menyelesaikan permasalahan pengakhiran hubungan kerja dengan Perusahaan Jasa Keamanan SGS itu melalui musyawarah, hingga di mediasikan oleh Dinas Tenaga Kerja. Namun anjuran Disnaker yang menyarankan agar Perusahaan membayar uang pesangon, tidak dijalankan PT. Sentinel Garda Semesta.

Pada sidang sebelumnya, PT. Sentinel Garda Semesta menganggap Fadhil dan kawan-kawannya yang telah bekerja antara 11-20 tahun itu, tidak berhak untuk mendapatkan uang pesangon. Sedangkan, alasan Perusahaan tutup adalah karena sedang merugi.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of