Sabtu, 6 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
848

Tak Jalankan Nota Pengawas, Pengadilan Diminta Nyatakan Kontrak Tidak Sah

Bandung, BuruhOnline.com – Meskipun Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan telah menetapkan hasil pemeriksaan di CV. Sandang Sari, berkaitan dengan status hubungan kerja Yanti Kurnia Sundari, yang dituangkan dalam Nota Pemeriksaan Khusus. Akan tetapi, Perusahaan yang bergerak dibidang industri tenun kain itu, belum bersedia menyatakan Yanti sebagai pekerja tetap. Sehingga ia melalui kuasa hukumnya, Sri Hartati mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung.

Dalam surat gugatan yang didaftarkan sejak 27 Nopember 2019 lalu itu, Yanti meminta Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Wasdi Permana, untuk menyatakan perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) dirinya tidak sah, dan harus dibatalkan. Sebab dalam Nota Pemeriksaan Khusus, kegiatan yang dilakukan di CV. Sandang Sari bukan termasuk jenis pekerjaan tertentu seperti yang dimaksud Pasal 59 ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003.

“Di Perusahaan CV. Sandang Sari tidak diperbolehkan adanya sistem kerja kontrak. Dengan alasan, sifat pekerjaannya terus menerus,” ujar Sri, Rabu (5/2/2020). Ia juga mengatakan, pihaknya memiliki putusan Mahkamah Agung dalam perkara yang sama di CV. Sandang Sari, yang menyatakan perjanjian kontrak demi hukum berubah menjadi perjanjian kerja waktu tidak tertentu (pekerja tetap).

Dalam persidangan sebelumnya, Sri telah menghadirkan dua orang saksi. Diceritakannya, kedua saksi yang ia ajukan terkait dengan keberadaan perjanjian kerja, dan sifat kegiatan pekerjaan. “Apakah mereka, saksi itu, begitu masuk pernah melakukan perjanjian kerja. Terus ketika mereka dari mulai masuk bekerja, apakah pernah Perusahaan tersebut beralih produksi,” terang Sri usai menghadiri persidangan yang beragendakan penyerahan kesimpulan dari para pihak tersebut.

Sri berharap, Perusahaan mempekerjakan kembali Yanti ditempat semula, dengan status hubungan kerjanya sebagai Pekerja tetap. “Harapannya gugatan kami bisa dikabulkan,” tandasnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of