Senin, 6 April 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
200

Tidak Diberi Fasilitas Kerja, Kok Pekerja Diberhentikan Secara Sepihak?

Jakarta, BuruhOnline.com – Poltak Solano Munthe dituduh telah tidak melaksanakan pekerjaan, sehingga ia diberhentikan secara sepihak oleh PT. G4S Security Services. Padahal, tidak bekerjanya Poltak bukan tanpa alasan. Dikatakan kuasa hukumnya, Sumondang Simangunsong, Perusahaan tidak lagi memberikan faslitas kerja kepada Poltak.

“Intinya klien saya ini dituduh tidak melaksanakan pekerjaannya secara maksimal. Katanya dia tidak pernah hadir pada pekerjaan lapangan keluar kota. Padahal fasilitas-fasilitas dia ambil sama Perusahaan. Gimana mau melakukan pekerjaan secara baik, kalau diambil fasilitasnya seperti mobil, internet, sopir dan lain-lain gitu loh,” tutur Simangunsong, Rabu (12/2/2020).

Sebagai operator lapangan yang diantaranya melakukan layanan jasa keamanan pengantar uang, fasilitas mobil dan sopir merupakan prasarana pekerjaan yang dibutuhkan Poltak. “Setelah itu tiba-tiba diberhentikan sepihak, dan kita sudah melakukan mediasi di Disnaker, gitu loh,” ujar Simangunsong usai persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yang baru beragendakan pemeriksaan identitas para pihak.

Ia juga mengatakan, hingga surat gugatan diajukan pada 22 Januari lalu, PT. G4S Security Services tidak bersedia secara sukarela menjalankan anjuran Dinas Tenaga Kerja, yang menyarankan agar Perusahaan mempekerjakan kembali Poltak. Tetapi karena anjuran tersbeut tidak juga dijalankan, lanjut Simangunsong, pihaknya minta agar ditetapkan uang kompensasi pengakhiran hubungan kerja.

“Tuntutan kita ya tetap ya dipekerjakan kembali, atau minta dibayar pesangonnnya gitu,” tandas Simangunsong. Sidang yang dipimpin oleh Hakim Saptono Setiawan, akhirnya ditunda hingga pekan depan. Untuk memberikan kesempatan kepada pihak Pekerja memperlihatkan kartu identitasnya, dan Perusahaan diminta untuk menyerahkan kelengkapan identitas berupa akta pendirian, serta sekaligus dapat menyerahkan jawaban atas gugatan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of