Kamis, 2 Juli 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
981

Tidak Terbukti Langgar Etik, Ini Kewajiban Bank BCA Kepada Pekerjanya

Jakarta, BuruhOnline.com – Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, menyatakan Elly Wulansari tidak terbukti telah melanggar kode etik yang telah ditetapkan oleh PT. Bank Central Asia (BCA). Sehingga terhadap pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh BCA, Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim M. Djoenanidie mewajibkannya untuk membayar secara tunai kepada Elly, berupa uang kompensasi pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak sebesar Rp92,5 juta.

Meski ditempatkan sebagai Teller Prioritas, Elly sangat keberatan jika dituduh melakukan tindak pidana percurian barang milik rekan kerja. Atas tuduhan tersebut, ia merasa dirinya di fitnah dan melaporkan pasal pencemaran nama baik di Kepolisian Resort Jakarta Pusat. Namun, Elly yang belum tentu bersalah atas dugaan tindak pidana, diberhentikan sementara waktu (skorsing) dari posisinya sebagai Teller.

“(Tuduhan) tidak terbukti secara formal, tetapi putusannya justru sangat subyektif,” ujar Atep Koswara selaku kuasa hukum Elly, Rabu (12/2/2020) sesaat usai menghadiri persidangan pengucapan putusan di ruang sidang Oemar Seno Adji 2, gedung PHI Jakarta Pusat. Menurutnya, karena Elly tidak terbukti melakukan pelanggaran prosedur yang dituduhkan Perusahaan, maka seharusnya gugatan pemberhentian yang diajukan BCA haruslah ditolak. “Harusnya menurut kami, harusnya itu ditolak,” tandas Atep.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, dengan belum adanya putusan pengadilan pidana yang menyatakan dirinya bersalah dan telah berkekuatan hukum tetap, maka seharusnya Elly tidak dapat dikenakan sanksi apapun, seperti yang dimaksud adagium legendaris yang diistilahkan oleh Von Feuerbach dengan tiga bagian, salah satunya ialah tidak ada hukuman, kalau tidak ada kejahatan.

Atas dugaan kesalahannya yang digolongkan sebagai tindakan tidak baik, tidak jujur, dan melanggar kode etik Bankir, BCA meminta hubungan kerja dirinya dengan Elly, dinyatakan putus oleh PHI Jakarta Pusat, dengan pemberian uang kompensasi pemutusan hubungan kerja sebesar 1 (satu) kali undang-undang.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of