Sabtu, 28 Maret 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
382

Upah Tidak Naik & Terapkan Kontrak, Kantor Berita Negara Digugat

Jakarta, BuruhOnline.com – Meskipun telah melakukan unjukrasa pada Desember tahun lalu, namun Ferry Ardianto Nugroho belum diakui sebagai Pekerja tetap oleh Lembaga Kantor Berita Nasional Antara. Sebagai Perusahaan Umum (Perum) yang bergerak dibidang industri penyebarluasan informasi (media), maka kegiatannya tidak dapat diperkirakan penyelesaiannya.

Selain itu, Ferry juga sudah bekerja sejak tahun 2006 sebagai staff perjalanan. Padahal, sistem hubungan kerja dengan perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) hanya boleh diadakan untuk pekerjaan yang bersifat sementara dan tidak tetap, serta untuk jangka waktu 2 (dua) tahun. Tak hanya terkait hubungan kerja, Ferry mempersoalkan besaran upahnya yang tidak lagi disesuaikan sejak kenaikan upah minimum dua tahun lalu.

“Awal mulanya, kita meminta untuk hak kita, untuk kenaikan upah karena UMP sudah naikkan. Sedangkan kita tidak naik selama dua tahun. Kemudian itu tidak adanya pengangkatan menjadi PKWTT selama kurang lebih delapan tahun. Pasca itu, kita di-PHK secara sepihak,” ujar Ferry sesaat setelah menghadiri persidangan yang beragendakan pemeriksaan identitas para pihak di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020).

Dalam surat gugatannya, Ferry meminta agar majelis Hakim menyatakan hubungan kerjanya dengan Lembaga Kantor Berita Negara Antara ditetapkan sebagai Pekerja tetap. Selain itu, Ferry menuntut LKBN Antara mempekerjakan kembali dirinya dan membayar upah selama tidak dipekerjakan sejak bulan Februari sampai dengan Desember 2019.

Sebelumnya, PHI Jakarta Pusat telah menggelar sidang antara Rinto dan kawan-kawan dengan LKBN Antara. Pengalihan tugas kelima awak media itu, diduga sebagai buntut dari adanya aksi unjuk rasa yang dilakukan pada 4-12 Desember 2018. Rinto dan kawan-kawan menolak dialihtugaskan sejak Juni 2019, dan meminta PHI Jakarta Pusat, untuk membatalkan Surat Keputusan Direksi Nomor 78 Tahun 2019.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Andri Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Andri
Guest
Andri

Lawan terus kawan.