Jumat, 5 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
390

Berdalih Miliki Aturan Sendiri, Perusahaan Ini Menolak Berlakukan Undang-Undang

Jakarta, BuruhOnline.com – Bagi Yehezkiel Tanjono, sepuluh tahun bekerja dan mengabdi di PT. Bambi, bukanlah waktu yang sebentar. Wajar, jika dirinya tidak dapat menerima pengakhiran hubungan kerja secara sepihak yang dilakukan Perusahaan, terhitung sejak 29 Mei 2019. Terlebih, alasan pemberhentiannya karena dianggap mengundurkan diri. Padahal, PT. Bambi secara resmi telah menerbitkan surat pemberhentian dirinya.

Sebelum diakhiri hubungan kerjanya, Yehezkiel mengaku hanya diberi waktu satu minggu untuk mempertimbangkan keputusan Perusahaan. Dikatakannya, PT. Bambi tidak bersedia memberlakukan undang-undang karena telah memiliki aturan sendiri. “Peraturan PT. Bambi tidak pernah memberikan peraturan sesuai dengan Depnaker. Karena ketentuan itu, Depnaker Pemerintah memberatkan Perusahaan. Bahkan dia bilang, kita punya aturan sendiri,” tutur Yehezkiel, Selasa (10/3/2020).

Menurutnya, Perusahaan tidak bersedia menjalankan anjuran Dinas Tenaga Kerja yang telah menetapkan besaran uang kompensasi pemutusan hubungan kerja dirinya. “Jadi punya aturan sendiri, tidak mengikuti ketentuan Depnaker,” tambah Yehezkiel usai menghadiri persidangan yang beragendakan penyerahan bukti surat.

Ia juga merasa dipermalukan oleh Perusahaan, yang mengirimkan surat elektronik (e-mail) kepada rekan kerjanya. “Di e-mail itu mengatakan bahwa Pak Yehezkiel resign. Sudah tidak bekerja lagi di PT. Bambi. Sehingga saya merasa malu,” ujarnya. Dihadapan Hakim Kadarisman yang memimpin persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Yehezkiel berkali-kali mempertanyakan akta pendirian Perusahaan, yang hingga saat ini sudah sidang ke delapan, belum diperlihatkan aslinya oleh PT. Bambi.

Dalam sanggahannya, Perusahaan berdalih tidak pernah memutuskan hubungan kerja dirinya. Sehingga anggapan Yehezkiel telah diberhentikan, dinilai mengada-ada karena menurut Perusahaan yang meminta untuk mengundurkan diri yakni Yehezkiel sendiri. “(Ada) surat PHK, itu bukti kuat. Asli, ada kop suratnya, ada stempel dari Perusahaan, itu bukti kuat bahwa saya di-PHK,” tegasnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of