Jumat, 5 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
356

Dianggap Mengundurkan Diri, Kuasa Pekerja Minta Pengadilan Adili Seadil-Adilnya

Jakarta, BuruhOnline.com – Sidang lanjutan dalam perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja yang diajukan oleh Awindra Suwarto, kembali di gelar oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020). Jaka Syahroni selaku kuasa hukum Awindra, membantah dalil jawaban PT. Radana Bhaskara Finance yang mengkualifikasikan pemutusan hubungan kerja yang terjadi pada Agustus 2019, sebagai pengunduran diri.

“Isi (jawaban) Tergugat itu selalu mengada-ada. Tidak mengikuti aturan-aturan yang berlaku di Indonesia. Prinsipal kami dibilang mengundurkan diri. Padahal ini adalah PHK,” ujar Syahroni saat ditanya sebagian isi jawaban dari Perusahaan. Menurutnya, pemberhentian secara sepihak Awindra haruslah disertai dengan pemberian uang pesangon sesuai Pasal 156 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003.

Atas dasar itulah, ia meminta Pengadilan untuk menghukum PT. Radana Bhaskara Finance membayar uang kompensasi sebesar 1 (satu) kali ketentuan perundang-undangan. Selain itu, Syahroni berharap Pengadilan dapat mengadili perkara tersebut secara adil. “Dan kami meminta hak-hak klien (kami) ini harus dipenuhi. Dan diadili secara seadil-adilnya,” tandasnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, PT. Radana Bhaskara Finance menganggap Awindra kurang disiplin, sehingga ia diberhentikan. Menanggapi pemberhentian tersebut, Awindra yang telah bekerja selama hampir 13 tahun, menilai alasan kurang disiplin tidak berarti dapat menghapuskan kewajiban yang harus diberikan Perusahaan sebagai kompensasi pengakhiran hubungan kerja.

Dalam gugatannya, Awindra meminta Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim Taryan Setiawan, menghukum Perusahaan yang memutuskan hubungan kerjanya tanpa putusan pengadilan, untuk membayarkan uang kompensasi dan hak-hak lainnya sebagai akibat dari pengakhiran hubungan kerja secara sepihak sesuai dengan permohonan sebelumnya di Dinas Tenaga Kerja.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of