Minggu, 31 Mei 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
404

Diberhentikan Sepihak, PT. Logissindo Media Pratama Dituntut Uang Paksa

Jakarta, BuruhOnline.com ­– Tak terima diberhentikan secara sepihak, akhirnya Marlina dan Lisa Rahardja mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Dalam surat gugatannya, kedua Pekerja PT. Logissindo Media Pratama tak hanya mengajukan tuntutan uang kompensasi pemutusan hubungan kerja, tetapi juga uang paksa (dwangsom) sebesar Rp5 juta.

“Jadi PT. Logissindo Media Pratama ini melakukan PHK secara sepihak,” ujar kuasa hukum Pekerja, Bagus Setiawan, Senin (23/3/2020) usai menghadiri persidangan yang beragendakan penyerahan bukti surat itu. Menurutnya, pemberhentian yang dilakukan oleh Perushaaan, tanpa adanya kesepakatan bersama.

Dalam jawaban gugatan, Perusahaan sedang mengalami penurunan penjualan. Terhadap hal tersebut, Bagus membantahnya. Sebab ia memiliki bukti-bukti terkait dengan sales order. Lebih lanjut Bagus menegaskan, pihaknya telah menyerahkan 34 bukti surat. Diantaranya untuk menguatkan telah dilakukannya upaya musyawarah hingga mediasi di Dinas Tenaga Kerja.

“Anjuran-pun memerintahkan Perusahaan untuk membayar sesuai hak terkait undang-undang ketenagakerjaan tersebut,” tandasnya. Marlina dan Lisa meminta Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim Taryan Setiawan, untuk menghukum PT. Logissindo Media Pratama membayar uang pesangon sebesar dua kali ketentuan undang-undang, dan tunjangan hari raya keagamaan.

Sidang yang digelar diruang sidang Oemar Seno Adji 1, gedung PHI Jakarta Pusat, ditunda hingga dua pekan yang akan datang, dengan agenda penyerahan kesimpulan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of