Sabtu, 28 Maret 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
275

Hampir Dua Bulan Proses Mediasi, Pekerja PT. Ananda Solusindo Datangi Disnaker

Bogor, BuruhOnline.com – Merasa belum ada titik temu atas penyelesaian perselisihan pemutusan hubungan kerjanya dengan PT. Ananda Solusindo, Taufik Hidayat selaku salah seorang Pekerja yang diberhentikan secara sepihak oleh Perusahaan, Kamis (19/3/2020) mendatangi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor. Menurut Taufik, pihaknya telah tiga kali mendapatkan panggilan dari Disnaker, yakni tanggal 13 Februari, 27 Februari dan 5 Maret 2020.

“Sebenarnya yang kami tunggu itu, kapan anjurannya,” ujar Taufik. Dikatakannya, dari tiga pertemuan tersebut, pihak PT. Ananda Solusindo belum memberikan tawaran penyelesaian atas pemberhentian sepihak dirinya dan lima orang kawan-kawannya, terhitung sejak 28 Juni 2019. Taufik yang telah bekerja sejak 13 Februari 2017 itu, keberatan dengan pemutusan hubungan kerja yang dilakukan Perusahaan.

“Tiba-tiba ada surat dari Perusahaan, bahwa kami tidak diperbolehkan masuk kerja. Alasannya pihak Kekar Jaya dan Ananda sudah tidak ada kerjasama,” tuturnya. Sebagai Perusahaan penyedia jasa tenaga kerja (outsourcing), PT. Kekar Jaya menempatkan Taufik dan kawan-kawan di PT. Ananda Solusindo, dengan area bekerja pada departemen staff, operasional dan delivery.

Sejak bekerja, Taufik mengaku tidak pernah menandatangani surat perjanjian kerja. Sehingga ia menilai, hubungan kerjanya bukanlah dengan PT. Kekar Jaya. Lagipula, ternyata Taufik ditempatkan pada bagian yang bukan merupakan kegiatan jasa penunjang. Sehingga ia meminta kepada Mediator Hubungan Industrial, Bedjo Soeryono untuk segera menerbitkan anjuran, agar pihaknya dapat segera mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of