Jumat, 5 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
437

Kontrak Diputus Sepihak, Manager Minta Sita Peralatan Kantor

Jakarta, BuruhOnline.com – Walau belum genap empat bulan bekerja, tetapi tindakan PT. Leads Property Services Indonesia terhadap managernya, dapat dianggap telah bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan ketenagakerjaan yang berlaku. Pasalnya, Perusahaan telah menetapkan lamanya perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) selama 2 (dua) tahun, yang disepakati berlaku sejak 18 Maret 2019.

Terhadap pengakhiran hubungan kerja kontrak secara sepihak tersebut, Perusahaan dinilai berkewajiban membayar ganti rugi berupa upah sisa kontrak terhitung sejak diakhiri sepihak pada bulan Agustus 2019 hingga Maret 2021. “Alasannya gak perform,” ujar Taufik Hidayat selaku kuasa hukum Pekerja, Selasa (10/3/2020).

Ia juga menjelaskan, terdapat perbedaan hak dan kewajiban atas akibat pengakhiran hubungan kerja sepihak bagi Pekerja yang diperjanjikan kontrak, dengan Pekerja berstatus hubungan kerja tetap. “Kalau karyawan kontrak, itu dari awal harus selesai sampai kontrak. Begitu putus (sepihak) harus membayar sisa kontrak,” tandasnya usai menghadiri persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Atas gugatan tersebut, PT. Leads Property Services Indonesia dalam jawabannya mendalilkan berubahnya hubungan kerja kontrak menjadi tetap. Sehingga pihaknya hanya berkewajiban membayar uang pesangon sebesar dua bulan upah. Anggapan tersebut didasarkan pada perjanjian kerja yang dibuat menggunakan bahasa inggris. “Karena bahasa inggris dianggap permanen, sehingga hanya dapat dua bulan gaji,” terang Taufik.

Ia menyayangkan anjuran Dinas Tenaga Kerja yang memiliki pendapat serupa dengan PT. Leads Property Services Indonesia, dan menganjurkan agar Perusahaan membayar uang kompensasi pesangon sebagai pengakhiran hubungan kerja. Karena tidak sependapat dengan anjuran tersebut, Taufik mendaftarkan gugatan ke PHI Jakarta Pusat dengan menuntut pembayaran ganti rugi, serta menetapkan sejumlah peralatan kantor Perusahaan untuk diletakkan sebagai sita jaminan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of