Jumat, 5 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
492

Kuasa Hukum Pekerja: Hokben Tak Bisa Buktikan Kerugian Cetak Kartu Nama

Jakarta, BuruhOnline.com – Sidang lanjutan dalam perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja, yang diajukan oleh Ridwan Supangkat terhadap PT. Eka Boga Inti kembali di gelar diruang sidang Sujono, gedung Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Dalam sidang yang beragendakan mendengar keterangan saksi tersebut, Ridwan melalui kuasa hukumnya, Arius Sinaga yakin jika Perusahaan makanan siap saji Hoka-Hoka Bento itu, tidak bisa membuktikan tuduhannya.

“Isi duplik dari Perusahaan kemarin itu, menyatakan ada bukti-bukti kalau pelanggaran itu dilakukan oleh karyawan. Tetapi yang kita lihat hari ini, bukti-bukti itu juga tidak diungkapkan karena bukti-buktinya kebanyakan peraturan-peraturan,” ujar Arius, Senin (2/3/2020). Padahal, PT. Eka Boga Inti mendalilkan Ridwan telah merugikan Perusahaan dengan cara mencetak kartu nama tanpa ijin.

“Jadi yang dipilih mengajukan PHK itu, mengenai kartu nama. Tadi sudah dibuktikan di persidangan, mengenai apa kerugian Perusahaan dengan pembuatan kartu nama?,” tanya Arius pada pihak perwakilan Perusahaan, yang ternyata belum dapat memastikan jumlah kerugian. “Dia juga gak tau, kerugiannya apa, masih perkiraan begitu,” tambahnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, dasar pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh Perusahaan, haruslah tetap mengacu pada ketentuan perundang-undangan. Sehingga Ridwan sebagai pihak yang merasa dirugikan, menuntut pembayaran uang kompensasi atas pemberhentian Ridwan terhitung sejak 4 Januari 2019.

Arius dalam surat gugatan yang diregisterasi dengan perkara Nomor 342/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst, menuntut sepuluh poin yang diantaranya uang paksa sebesar Rp.1 juta perhari, apabila Perusahaan tidak menjalankan putusan pengadilan yang kelak mengabulkan gugatan Ridwan. Ia juga meminta Majelis Hakim PHI Jakarta Pusat, untuk menghukum PT. Eka Bogainti membayar ganti rugi atas hilangnya pekerjaan yang dialami Ridwan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of