Jumat, 5 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
229

Lima Tahun Bekerja Baru Dikontrak Satu Kali, Satpam Ajukan Gugatan

Bandung, BuruhOnline.com – Walau sebagai tenaga pengamanan, Dadan Ramdan Mardiansyah dan Ikbal Cakra Yudha tak merasa lalai terhadap kewajibannya dalam melakasanakan tugas, yang diberikan oleh PT. Intilon Citra Lestari. Kala itu, ditemukan pintu ruangan yang dibuka secara paksa oleh orang lain. Meski begitu, ruangan yang dimaksud bukanlah area pengawasan keduanya.

Namun, keduanya dituduh sebagai pihak yang merusak pintu pada ruangan yang dibongkar paksa tersebut. Sehingga, terhitung sejak bulan Mei 2019, Dadan dan Ikbal diakhiri hubungan kerjanya secara sepihak, tanpa putusan pengadilan. “Dituduh Perusahaan, mereka yang menjebol, diminta tanggung jawab. Tapi tidak terbukti. Dan Perusahaan mem-PHK mereka,” ujar Hendrawan selaku kuasa hukum kedua Pekerja.

Hendrawan mengatakan, PT. Intilon Citra Lestari mendalilkan hubungan kerja yang disepakati adalah perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak). “Jadi, mereka alasannya itu putus kontrak, seperti itu. Padahal (perjanjian) kontraknya dari awal tidak menerima,” tuturnya. Dalil tersebut, dibantah Hendrawan. Menurutnya, hubungan kerja Dadan dan Ikbal telah menjadi pekerja tetap, karena sudah bekerja selama 5-6 tahun. “Dikontrak satu kali. Selama bekerja 5 sampai 6 tahun begitu,” tandasnya.

Dengan tidak adanya penetapan dari pengadilan, kedua Pekerja melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung, menuntut agar PT. Intilon Citra Lestari dihukum untuk membayar uang pesangon dua kali ketentuan undang-undang, dan upah selama tidak dipekerjakan. Tak hanya itu, Dadan dan Ikbal juga meminta penetapan kekurangan pembayaran upah tahun 2019, yang dibayarkan tidak sesuai dengan besaran upah minimum yang berlaku.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of