Jumat, 5 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
301

Mogok Kerja Dianggap Tidak Sah, Tuntutan Bekerja Kembali Ditolak

Jakarta, BuruhOnline.com – Gugatan balik (rekonpensi) yang diajukan oleh Sukriyadi dan kawan-kawan (5 orang) terhadap PT. Assab Steels Indonesia, dianggap tidak beralasan menurut hukum oleh Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Duta Baskara. Dalam amar putusan yang dibacakan, Senin (16/3/2020) itu, Perusahaan hanya dihukum untuk membayar uang pesangon dan upah selama dua bulan kepada Sukriyadi. Sebab, tindakan mogok kerja yang dilakukan pada 17 Juli 2019, dianggap bertentangan dengan ketentuan undang-undang ketenagakerjaan.

“Menyatakan Surat Pemberitahuan Aksi Mogok Kerja Nomor.13/PUK SPAMK-FSPMI/ASI/VII/2019 tanggal 17 Juli 2019, adalah tidak sah, sehingga mogok kerja yang dilakukan para Tergugat adalah mogok kerja yang tidak sah dan bertentangan dengan ketentuaan Pasal 137 UU No. 13 Tahun 2003 jo. Pasal 3 huruf (a) dan Pasal 4 Kpmenaker No. 232 Tahun 2003,” ucap Hakim Duta membacakan amar Putusan dalam perkara Nomor 396/Pdt.Sus-PHI/2019/PN.Jkt.Pst.

Terhadap putusan tersebut, Agung Surarto selaku salah seorang kuasa hukum Sukriyadi dan kawan-kawan, mengaku kecewa dan sedang mempertimbangkan upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung (MA). Menurutnya, perselisihan terjadi karena adanya rencana Perusahaan melakukan penutupan salah satu bagian yang merupakan bagian kerja dari kelima Pekerja.

“Alasan utamanya itu penutupan divisi machining,” ujar Agung. Atas penutupan tersebut, Sukriyadi dan kawan-kawan meminta tetap dipekerjakan. Namun PT. Assab Steels Indonesia berkehendak ingin mengakhiri hubungan kerja. Dan Perusahaan dalam surat gugatannya, justru meminta Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, untuk menyatakan mogok kerja tidak sah, dan sekaligus menyatakan putus hubungan kerja dengan kualifikasi pelanggaran disiplin.

Menanggapi alasan pemberhentian karena pelanggaran, seharusnya Majelis Hakim mempertimbangkan ketiadaan surat peringatan, tandas Agung. “Kawan-kawan ini belum pernah diberikan surat peringatan, tiba-tiba mereka ini di skorsing,” tandasnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of