Jumat, 5 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
242

Pekerja Diberhentikan Karena Dianggap Sakit & Tidak Bisa Kerja

Jakarta, BuruhOnline.com – Diduga karena mengidap malaria dan sakit lambung, jadi alasan bagi PT. Masindo Mitra Papua untuk tidak melanjutkan hubungan kerja waktu tertentu (kontrak) dengan Zainal Abidin. Pria yang sudah hampir memasuki usia 70 tahun itu, tak bisa menerima pengakhiran kontrak secara sepihak tanpa pembayaran ganti rugi atas pengobatan biaya yang telah ia keluarkan selama sakit.

Menurut Abidin, sakit malaria yang dideritanya akibat dirinya ditempatkan bekerja di perairan Papua. Kondisi iklim kala itu, membuat ia jatuh sakit dan akhirnya dipulangkan ke Jakarta. Setibanya di Jakarta, Abidin tidak diberikan upah dan pengobatan. “Suruh pulang aja, pulang kasih ongkos pesawat, pulang gitu,” ujarnya, Selasa (10/3/2020) usai menghadiri sidang yang beragendakan penyerahan bukti surat di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dihadapan Hakim Saptono Setyawan, Abidin menyerahkan 12 bukti surat, berupa Perjanjian Kerja Laut, boarding pesawat, surat karantina dari unit kesehatan bandar udara, surat rujukan ke rumah sakit dan hasil laboratorium. Ia mengaku telah berusaha untuk menyelesaikan permasalahan ganti rugi secara kekeluargaan, tetapi Perusahaan mempersilahkan Abidin untuk mencari penyelesaiannya melalui pengadilan.

“Cuma gitu aja, diselesaikan di Pengadilan. Dia gak mau bayar, itu aja,” tandasnya ketika ditanya sanggahan PT. Masindo Mitra Papua atas gugatan yang ia ajukan. Abidin berharap, agar tuntutannya dipenuhi oleh Perusahaan, diantaranya juga ganti rugi atas barang-barang yang hilang selama bekerja di atas kapal pada perairan Papua.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of