Minggu, 31 Mei 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
372

Pekerja Kawan Lama Ajukan Bukti Putusan Mahkamah Agung

Jakarta, BuruhOnline.com – Pemindahan tugas (spin off) antar badan hukum, dinilai Hans Karius Sembiring haruslah melalui pengakhiran hubungan kerja terlebih dahulu. Sehingga untuk menguatkan dalil gugatannya terhadap PT. Kawan Lama Sejahtera, Hans mengajukan bukti yang salah satunya berupa Putusan Mahkamah Agung No. 520 K/Pdt.Sus-PHI/2017. Dalam putusan tersebut, ungkap Hans, mutasi antar Perusahaan haruslah disertai dengan pembayaran uang pesangon dua kali ketentuan.

“Penggugat sudah mengajukan bukti keputusan Mahkamah Agung Nomor 520, dimana mutasi antar badan hukum yang berbeda itu adalah PHK dengan dua kali PMTK,” ujar Hans, Senin (23/3/2020). Ditambahkannya usai menghadiri persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yang beragendakan penyerahan kesimpulan tersebut, saksi yang dihadirkan oleh Perusahaan justru menguntungkan pihaknya.

“Pada kesaksian saksi yang pertama, yang dihadirkan oleh Tergugat. Itu menyatakan bahwa dipastikan badan hukum antara Perusahaan Tergugat dengan PT. Krisbow Indonesia adalah badan hukum yang berbeda,” lanjutnya. Ia juga menegaskan, dirinya tidak pernah menerima surat keputusan mutasi dari PT. Kawan Lama Sejahtera.

Sebelumnya, Hans yang ditempatkan sebagai Sales Supervisor itu, menuntut PT. Kawan Lama Sejahtera untuk memberikan uang pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak, sebagai kompensasi dari pengakhiran hubungan kerja terhadapnya yang dilakukan Perusahaan pada 30 Juni 2013. Terhadap hal tersebut, Hans tidak dapat menerima alasan yang dikemukakan oleh Perusahaan.

Sebab, sejak tahun 2013 sampai dengan 2019, dirinya justru ditempatkan oleh PT. Kawan Lama Sejahtera di Perusahaan yang berbeda badan hukumnya yakni PT. Krisbow Indonesia. Ia juga menyampaikan surat pemberhentian yang dibuat oleh PT. Kawan Lama Sejahtera, terkait dengan pengakhiran hubungan kerja dilakukan karena berakhirnya masa kontrak, adalah tidak benar. Karena dirinya tidak pernah merasa ada pemutusan hubungan kerja sejak bekerja terhitung Nopember 2001.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of