Jumat, 5 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
395

Pekerja & Perusahaan Saling Gugat, Pengadilan Tetap Gelar Sidang

Jakarta, BuruhOnline.com – Meskipun saling menggugat, Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, tetap melanjutkan gelaran sidang dalam perkara antara PT. CGS CIMB Sekuritas Indonesia melawan Wahyu Ningsih. Sebelum Perusahaan mengajukan gugatan, Ningsih telah terlebih dahulu mendaftarkan gugatannya pada 6 Januari lalu dengan register Perkara Nomor 4/Pdt.Sus-PHI/2020/PN.Jkt.Pst.

“Kalau (sidang) yang kemarin, itu saya yang menggugat. Perihal (gugatan)-nya itu, PHK dan Hak. Kalau yang ini, Perusahaan yang menggugat saya, perihalnya PHK,” ujar Ningsih yang didampingi suaminya, Selasa (10/3/2020) usai menghadiri persidangan yang beragendakan mendengar keterangan saksi dari pihaknya.

Sedangkan PT. CGS CIMB Sekuritas Indonesia baru mengajukan gugatan pada keesokan harinya dengan registerasi Perkara Nomor 7/Pdt.Sus-PHI/2020/PN.Jkt.Pst. Keduanya meminta agar Majelis Hakim menyatakan hubungan kerja, berakhir. Namun Ningsih tidak hanya menuntut uang pesangon sebesar dua kali ketentuan saja, tetapi juga kekurangan upah selama enam tahun terakhir, selisih iuran jaminan sosial, uang komisi, upah selama tidak dipekerjakan beserta denda keterlambatannya.

Dalam surat gugatannya, Perusahaan hanya bersedia memberikan uang kompensasi sebesar Rp86 juta. Besaran tersebut, didasarkan pada perhitungan uang pesangon dua kali ketentuan undang-undang, dengan alasan pemberhentian yakni disharmonis. Tindakan PT. CGS CIMB Sekuritas Indonesia itu, diperbolehkan oleh Pasal 49 ayat (4), Pasal 50 ayat (24) dan ayat (25) Peraturan Perusahaan.

Ningsih mendasarkan tuntutannya, pada adanya temuan Dinas Tenaga Kerja terkait kekurangan pembayaran upah terhitung sejak tahun 2014. Ia menganggap, hak atas upah dan akibat dari adanya kekurangan pembayaran tersebut, menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Perusahaan. “Timbulnya perselisihan ini, sekitar awal tahun 2018, ada penemuan dari Disnaker bahwa PT. CGS CIMB Sekuritas Indonesia itu, kurang bayar upah,” tandas Ningsih.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Barkah Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of