Sabtu, 28 Maret 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
225

Pemerintah Berlakukan Social Distancing, Siapa Pekerja Terdampak?

Jakarta, BuruhOnline.com – Upaya Pemerintah untuk menahan laju sebaran virus korona di Indonesia, terus dilakukan. Salah satunya adalah menerapkan langkah pengurangan aktifitas di luar rumah (social distancing). Namun upaya tersebut, bukan berarti tanpa dampak. Bagi Pekerja formal atau informal, pemberlakuan social distancing memberi pengaruh negatif terhadap capaian pendapatannya. Demikian dikatakan oleh Ketua Gerakan Buruh/Pekerja Badan Usaha Milik Negara (GeberBUMN), Achmad Ismail, Senin (21/3/2020) di Jakarta melalui keterangan persnya.

Ia meyakini, sebagian besar Pekerja masih menggantungkan upahnya berdasarkan waktu kerja. Kedua hal itu, memiliki memiliki relasi yang sangat kuat dengan pemberlakuan social distancing. Upah dan waktu kerja Pekerja, bakal berdampak dari kebijakan tersebut. Terdapat tiga komponen model pengupahan, yang menentukan besaran nominal pendapatan Pekerja. Dalam Pasal 94 Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dijelaskan, komponen upah tersebut, yakni upah pokok, tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.

Upah pokok dan tunjangan tetap diberikan tanpa mempertimbangkan waktu (kehadiran) bekerja. Sementara, tunjangan tidak tetap dibayarkan tergantung kehadiran. Sehingga, tidak semua Pekerja dapat menerima seluruh komponen upah, terlebih adanya kemungkinan komponen upah yang dibayarkan berdasarkan jam kerja. “Ada juga, Pekerja dengan status harian lepas, upahnya dibayar apabila masuk bekerja dan melakukan pekerjaan,” ujar pria yang kerap disapa Ais itu.

Menurutnya, meski Presiden telah meminta seluruh warga negara untuk melakukan social distancing. Tetapi mungkinkah social distancing akan diikuti oleh kebijakan sosial pengupahan (social wage), yang besaran dan pemberiannya bukan hanya disepakati oleh Buruh/Pekerja dan Pengusaha, tetapi juga bersama Pemerintah dalam forum Lembaga Kerjasama (LKS) Tripartit Nasional, tandasnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of