Minggu, 31 Mei 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
329

Persidangan PT. Pegadaian, Saksi: Tunjangan Rumah Tangga Diberikan Tiap Bulan

Jakarta, BuruhOnline.com – Sengketa selisih perhitungan pembayaran uang pesangon karena pensiun, kembali disidangkan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Kali ini, Elisar Hutagalung dan kawan-kawan (172 orang) selaku Penggugat, menghadirkan dua orang saksi. Di hadapan Hakim M. Djoenanidie selaku Ketua Majelis Hakim, salah seorang saksi menerangkan pemberian tunjangan rumah tangga kepada Pekerja dilakukan setiap bulan tanpa didasarkan pada tingkat kehadiran.

“Faktanya bahwa tunjangan tersebut, mereka terima setiap bulan, secara tetap tiap akhir bulan, tanpa dipengaruhi oleh kehadiran,” tutur Edo selaku salah seorang kuasa hukum dari Elisar dan kawan-kawan, Rabu (18/3/2020). Keterangan tersebut, setidaknya telah membantah jawaban PT. Pegadaian (Persero) yang menyatakan tunjangan rumah tangga bukan bersifat tetap, sehingga tidak menjadi salah satu komponen perhitungan uang pesangon.

“Walaupun PT. Pegadaian berdalil bahwa itu tunjangan tidak tetap,” ujar Edo. Ia yakin, Majelis Hakim akan mempertimbangkan keterangan saksi dan bukti-bukti surat yang ia ajukan sebanyak 520 bukti. “Semuanya punya nilai tersendiri untuk dipertimbangkan oleh Majelis Hakim,” tambahnya.

Seperti telah pernah diberitakan, PHI telah menolak eksepsi PT. Pegadaian yang keberatan dengan kewenangan mengadili atas gugatan yang diajukan oleh Elisar dan kawan-kawan. Dalam amar putusan yang diucapkan Hakim M. Djoenanidie, Rabu (29/1/2020) lalu, para pihak diperintahkan untuk tetap melanjutkan pemeriksaan perselisihan pembayaran kekurangan pembayaran uang pensiun.

Elisar mempersoalkan kenaikan biaya telepon, air dan listrik serta tunjangan rumah tangga sebagai tunjangan tetap. Sehingga, keempat komponen tunjangan tersebut harus menjadi dasar perhitungan uang pensiun. Persidangan ditunda hingga dua pekan depan, untuk mendengarkan keterangan saksi ahli yang dihadirkan oleh pihak Pekerja.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of