Minggu, 31 Mei 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
995

PKB Lebih Rendah Dari Undang-Undang, PPI: Batal Demi Hukum

Jakarta, BuruhOnline.com – Ketua Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia Pergerakan Pelaut Indonesia (PPI) Imam Syafi’i, menilai isi Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang dibuat oleh PT. Amas Samudera Jaya lebih rendah dari ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Menurut Syafi’i, isi PKB yang dimaksudnya, mengatur tentang besaran uang kompensasi dari akibat pengakhiran perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak), yang hanya sebesar dua bulan upah.

“Ada klausul dalam PKB tersebut, menyatakan bahwa kompensasi PHK itu hanya dua bulan. Disisi lain, berdasarkan undang-undang tenaga kerja, ketentuan Perjanjian Kerja Bersama itu harus lebih baik dari udnang-undang atau minimal setara dengan undang-undang,” ujarnya. Sehingga menurutnya, isi dalam PKB tersebut haruslah dinyatakan batal demi hukum.

“Menurut kami bahwa Perusahaan harus membayar sisa kontrak empat bulan, bukan dua bulan. Karena perjanjian kerja yang isi pasalnya melanggar undang-undang, batal demi hukum,” tandas Syafi’i mewakili Nurul Mughni usai menghadiri persidangan perselisihan pemutusan hubungan kerja, yang digelar Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (18/3/2020).

Seperti telah diberitakan sebelumnya, PHI Jakarta Pusat sudah mulai menggelar sidang gugatan perselisihan pemutusan hubungan kerja, yang dilakukan oleh PT. Amas Samudera Jaya terhadap Nurul Mughni. Dalam sidang yang dipimpin oleh Hakim M. Djoenanidie itu, Mughni mengajukan tuntutan ganti rugi berupa upah sisa kontrak selama 4 (empat) bulan.

Alasannya, PT. Amas Samudera Jaya telah mengakhiri perjanjian kerja waktu tertentu secara sepihak sebelum jangka waktunya berakhir. Padahal, perjanjian kerja yang dibuat tanggal 28 Maret 2018 itu, berlaku selama 7 (tujuh) bulan. Akan tetapi baru tiga bulan bekerja, Mughni yang ditempatkan di Motor Tangker B-Sun berbendera Korea, sudah tidak dipekerjakan lagi sejak 28 Juni 2018.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of