Sabtu, 28 Maret 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
882

Tak Pernah Merasa Setor Tunai, Pekerja Ini Dapati Saldo ‘Pesangon Siluman’ di Bank

Bandung, BuruhOnline.com – Kadi Hidayatullah dan kawan-kawan (4 orang), tak pernah menyangka jika saldo di dalam rekening bank miliknya, tersimpan uang puluhan juta rupiah sejak 14 Maret 2019. Belum hilang rasa penasaran dalam hati mereka, kemudian dikagetkan dengan slip setoran tunai yang tercatat pada pembukuan di bank, yakni setoran tersebut atas nama penyetor diri mereka masing-masing. Padahal, keempatnya tak pernah merasa memiliki dan menyetorkan uang tunai sebanyak itu.

“Tapi kita tau itu, pas tanggal 6 April. Kita tau bahwa di rekening kita ada uang, setelah temen kita tadi mau ngecek kiriman kakaknya,” tutur Kadi, Rabu (18/3/2020) usai menghadiri sidang di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Bandung. Sebelum kejadian tersebut, Kadi dan kawan-kawan juga terkejut dengan besaran saldo pada rekening bank milik mereka. Setelah ditelusuri, ternyata berasal dari pemindahan buku antar rekening dari PT. Fajar Mitra Indah.

Menurut Kadi, uang tersebut dianggap sebagai kompensasi pesangon akibat mogok kerja tidak sah yang dilakukan sejak 28 Oktober 2018. Namun mereka sudah mengembalikan uang yang dianggap pesangon itu ke rekening Perusahaan. “Mereka bilang sudah mentransfer uang sebagai ganti rugi, uang pesangon. Tapi waktu itu kita kembalikan,” tandasnya.

Dalam surat gugatan yang diregisterasi Kepaniteraan PHI Bandung Nomor 20/Pdt.Sus-PHI/2020/PN.Bdg, Kadi dan kawan-kawan tidak dapat menerima pemutusan hubungan kerja secara sepihak yang dilakukan oleh PT. Fajar Mitra Indah (dikenal dengan nama Family Mart). Keempatnya menuntut untuk dipekerjakan kembali sebagai pekerja tetap pada bagian kerja, dan jabatannya semula.

Selain itu, Kadi dan kawan-kawan yang tanpa didampingi oleh penasehat hukum, meminta agar Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Suwanto itu, untuk menetapkan besaran upah selama tidak dipekerjakan sejak Oktober 2018 sampai Desember 2019, beserta denda keterlambatannya. Sidang akan kembali dilanjutkan pada pekan depan, dengan agenda penyampaian bukti surat dari Perusahaan.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Mazdam vanez Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Mazdam vanez
Guest
Mazdam vanez

Terima kasih, atas dukungannya