Sabtu, 6 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
687

Tak Terima Diberhentikan Karena Efisiensi, Tuntut Bekerja Kembali

Jakarta, BuruhOnline.com – Tak mudahnya mencari pekerjaan pada saat ini, membuat Nasir dan Suprani meminta PT. Supra Visual Advertensi untuk mempekerjakan kembali dirinya di Perusahaan yang bergerak pada industri percetakan itu. Keduanya tidak dapat menerima alasan pemberhentian secara sepihak yang dilakukan Perusahaan sejak September 2019 lalu.

“Jadi dia (Perusahaan) memberikan alasan efisiensi,” ujar Agung Cahyadi, Senin (9/4/2020) selaku salah seorang penerima kuasa dari kedua Pekerja usai menghadiri persidangan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Menurutnya, permasalahan tersebut telah diupayakan penyelesaiannya melalui Dinas Tenaga Kerja. Bahkan Perusahaan sudah dianjurkan untuk mempekerjakan kembali Nasir dan Suprani.

Agung menuturkan, PT. Supra Visual Advertensi telah menawarkan uang kompensasi sebesar tiga bulan upah. Tetapi besaran pesangon yang ditawarkan, tidak sebanding dengan masa kerja Suprani yang telah bekerja sejak tahun 2008, dan Nasir sejak 2013. “Langsung disodorkan penawaran surat PHK, terus ditawarkan tiga bulan gaji,” terang Agung yang didampingi Yunus Febrianto selaku salah seorang Pengurus Serikat Pekerja.

Selain bekerja kembali, Perusahaan juga dituntut untuk membayar upah dan iuran jaminan sosial yang biasa diterima keduanya saat bekerja. Sebab, tidak bekerjanya Nasir dan Suprani akibat dari pemutusan hubungan kerja secara sepihak yang tanpa putusan pengadilan. Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Duta Baskara, menunda sidang hingga pekan depan, untuk memberi kesempatan kepada Perusahaan memberikan jawaban gugatan.

Padahal, menurut Agung, seharusnya agenda persidangan sudah memasuki tahap pembuktian. Hal itu disebabkan, ketidakhadiran dari pihak PT. Supra Visual Advertensi sebanyak tiga kali persidangan, yakni pada 17 Februari, 24 Februari dan 2 Maret 2020. Kala itu, Hakim Duta memerintahkan juru sita, untuk memanggil kembali Perusahaan dengan peringatan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of