Sabtu, 28 Maret 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
129

Wabah Covid-19, Masih Ada Geliat Produksi di Kawasan Industri

Bekasi, BuruhOnline.com – Meski Pemerintah telah menghimbau masyarakat untuk turut serta dalam pencegahan penyebaran Covid-19, namun sejumlah kawasan industri di Jawa Barat masih berproduksi. Dalam Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah bertanggal 17 Maret 2020 lalu, meminta untuk melaksanakan pelindungan pengupahan bagi Pekerja yang Perusahaannya melakukan pembatasan kegiatan usaha.

Pada edaran tersebut dikatakan, apabila Perusahaan melakukan pembatasan kegiatan usaha yang menyebabkan sebagian atau seluruh Pekerjanya tidak masuk kerja, maka besaran upah dan tata cara pembayarannya dilakukan sesuai dengan kesepakatan antara Pekerja dan Pengusaha. Menurut pantauan BuruhOnline, beberapa kawasan industri di Jawa Barat yang masih berproduksi, diantaranya Kawasan Industri MM2100, Bekasi. Meski tampak agak lengang, tapi beberapa Perusahaan masih melakukan aktifitas produksi.

Salah seorang Pekerja, Agus Muhamad menceritakan standar pencegahan virus korona yang diberlakukan Perusahaan tempat ia bekerja. “Mau kerja harus cuci tangan, pakai masker,” katanya, Senin (23/3/2020). Bahkan menurutnya, sebelum masuk lingkungan Perusahaan, suhu tubuhnya di cek terlebih dahulu. Tindakan pencegahan tersebut, sangat ia apresiasi. “Lebih baik mencegah daripada mengobati,” tuturnya.

Ia mengatakan, upaya pencegahan yang dilakukan oleh tempat bekerjanya itu, sudah dilakukan sejak awal bulan Maret. “Sekarang lebih tingkatin lagi,” celotehnya. Agus berharap, situasi cepat kembali seperti semula. “Biar semua orang bisa bebas jalan-jalan atau kemana-lah itu seperti beraktifitas biasa,” tandasnya.

Stasiun Kereta Api Metland Telaga Murni, yang menghubungkan dengan Kawasan Industri di Bekasi, meski ramai tapi juga tampak lebih lengang. Penumpang bisa lebih nyaman memilih tempat duduk untuk beristirahat, selepas beraktifitas.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of