Sabtu, 6 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
491

Diancam Reputasinya, Pekerja Ini Gugat Perusahaan ke Pengadilan

Jakarta, BuruhOnline.com – Walau diancam reputasi dan nama baiknya, Dina Riski W Damayanti menolak untuk disuruh mengundurkan diri. Ia tetap mengajukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dan menuntut PT. Mitra Perkasa Bersama Indonesia membayar uang kompensasi pesangon, beserta upah selama tidak dipekerjakan terhitung sejak Oktober 2019.

“Karena saya tidak mau mengundurkan diri, jadi saya mengadu ke Disnaker,” ujarnya terbata-bata, Rabu (15/4/2020). Dina dituduh telah melakukan pelanggaran berupa keterlambatan penyerahan dokumen, yang menyebabkan pihak ketiga merasa dirugikan. Atas tuduhan tersebut, Dinas Tenaga Kerja meminta Perusahaan untuk membuktikan adanya tindak pelanggaran yang menjadi dasar pengakhiran hubungan kerja terhadap Dina.

Dengan tidak adanya bukti pelanggaran yang dilakukan oleh Dina, akhirnya Disnaker menganjurkan PT. Mitra Perkasa Bersama Indonesia memberikan uang kompensasi pesangon dan upah proses. Sedangkan menurut Dina yang tanpa didampingi kuasa hukum, Perusahaan bersikukuh menganggapnya telah melakukan pelanggaran.

“Mereka mengirimkan surat ketetapan PHK, yang tidak bisa disetujui oleh Disnaker karena harus ada proses mediasi,” tutur Dina. Dalam sidang yang dipimpin oleh Hakim M. Djoenanidie, Dina yang mengaku sudah bekerja selama 2,7 tahun itu, telah menyerahkan 24 bukti surat. Diantaranya, surat pemutusan hubungan kerja dirinya yang diterbitkan Perusahaan pada September 2019.

Terhadap ancaman Perusahaan, Dina mengaku dirinya selama bekerja tidak pernah diberikan surat peringatan atau pembinaan lainnya. Sehingga ia membantah tuduhan tersebut, dan rekaman suara ancaman kepada dirinya itu telah ia serahkan ke Majelis Hakim. “Saya ini-kan juga merasa dicemarkan nama baiknya. Apalagi sudah ada ancaman dari kuasa hukumnya untuk membuat reputasi saya buruk,” tandasnya.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Diah Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Diah
Guest
Diah

Semangat , lawan terus pantang mundur