Sabtu, 6 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
1.226

Dirumahkan Tanpa Upah, Buruh Karawang Diminta Mengerti Keadaan Pabrik

Karawang, BuruhOnline.com – Wacana akan diterapkannya status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Karawang, memaksa beberapa Perusahaan melakukan langkah-langkah persiapan penghentian aktifitas produksi, guna mencegah penyebaran wabah Covid-19. Diantara Perusahaan yang sudah merumahkan yakni PT. Inti Polymetal. Perusahaan yang berlokasi di Kawasan Industri KIIC, Karawang tersebut, meminta 180 Pekerjanya untuk dapat mengerti kondisi tidak dibayarkannya upah selama libur.

Muhammad Soleh selaku Pekerja yang sekaligus Ketua Serikat Pekerja IPMK FSPEK KASBI itu, telah berupaya untuk melakukan perundingan dengan pihak manajemen Perusahaan, Senin (13/4/2020). Ia mengatakan, pihak Perusahaan tidak bersedia membayar upah selama diliburkan. Bahkan tawaran Pekerja untuk menyepakati penangguhan pembayaran upah, juga ditolak oleh Perusahaan.

“Mereka bilang no-work, no-pay”, ujar Soleh saat dihubungi redaksi BuruhOnline melalui sambungan telepon, Kamis (16/4/2020). Menurutnya, Perusahaan menolak jika diminta untuk menerapkan Pasal 93 ayat (2) huruf f Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. Sebab, peristiwa yang terjadi bukanlah akibat dari kesalahan yang bisa dihindari oleh Perusahaan. Selain itu, Soleh juga meminta komitmen Perusahaan untuk tidak melakukan pemutusan hubungan kerja, dengan alasan adanya Pandemi virus korona.

Menanggapi permintaan Pekerja, Perusahaan hanya bersedia membayarkan iuran jaminan sosial dan tunjangan hari raya. Terhadap batas waktu pengrumahan, PT. Inti Polymetal mengaku akan kembali aktif berproduksi secara bertahap pada 29 Mei 2020. Soleh mengatakan, pihaknya akan mengadukan permasalahan tersebut ke Dinas Tenaga Kerja, setelah Pandemi berakhir. “Kalau sekarang-kan karena kita posisi lockdown, jadi dilaporkan nanti setelah Pandemi ini selesai,” tandas Soleh.

Wawancara lengkapnya bisa disaksikan di kanal Youtube BuruhOnlineTV.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of