Selasa, 2 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
237

Dua Kali Tak Hadiri Sidang Duplik, Hakim Minta Pekerja Siapkan Bukti

Jakarta, BuruhOnline.com – Hakim Taryan Setiawan yang memimpin persidangan, meminta Renold Fernandes untuk mempersiapkan bukti surat. Sebab, PT. Sumber Mitra Jaya telah dua kali mangkir dalam sidang yang diagendakan penyerahan duplik tersebut. Padahal, Perusahaan telah diberi kesempatan untuk menyerahkan duplik sejak persidangan pada 23 Maret 2020 lalu.

Sebelumnya, PT. Sumber Mitra Jaya dalam jawaban atas gugatan yang diajukan Renold, menganggap pihaknya hanya bersedia memberikan upah bulan Juni dan Juli 2019. Sedangkan terhadap tuntutan Renold yang meminta pemberian uang pesangon sebagai kompensasi pemberhentiannya, dianggap Perusahaan tidak beralasan.

“Saya tetap dengan pendirian saya, karena saya sudah melakukan semua kewajiban saya. Bisa dibilang, saya di-PHK. Saya sudah hand-over dan semua fasilitas sudah saya berikan. Jadi saya tetap meminta hak-hak saya,” ujar Renold, Senin (20/4/2020) usai menghadiri persidangan yang digelar di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Renold yang diputuskan hubungan kerjanya secara sepihak oleh PT. Sumber Mitra Jaya sejak awal Juli 2019 itu, mengajukan gugatan ke PHI Jakarta Pusat. Ia tidak terima diberhentikan tanpa pemberian uang pesangon, apalagi yang menjadi alasannya adalah performance.

“Waktu itu-sih bilangnya tidak perform. Tapi tidak perform ini saya juga kurang jelas. Masalahnya kurang perform pasti adanya suatu pembinaan-kan? Surat pembinaan ini saya tidak pernah dapat,” tandas Renold. Ia yang bermasa kerja kurang lebih tiga tahun itu, menuntut Perusahaan untuk membayarkan hak-haknya akibat pengakhiran hubungan kerja sebesar dua kali ketentuan undang-undang, dan upah selama tidak dipekerjakan hingga gugatan didaftarkan pada bulan Januari 2020.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of