Sabtu, 6 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
259

Hubungan Kerja dari Yayasan ke Perseroan Terbatas, Apa Bisa Dapat Pesangon?

Jakarta, BuruhOnline.com – Setelah menolak besaran pesangon yang ditawarkan oleh PT. Elokuensi Harapan Bangsa, akhirnya gugatan Yosephine Retna Wijayanti dikabulkan sebagian oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Alasan Yosephine menolak karena jumlah uang kompensasi pengakhiran hubungan kerjanya tersebut, tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Adanya peralihan badan usaha dari yang semula berbentuk Yayasan menjadi Perseroan Terbatas (PT), tidaklah dapat menghapus masa kerja Yosephine selama lebih dari 25 tahun itu. Sehingga, Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Duta Baskara menghukum PT. Elokuensi Harapan Bangsa, untuk membayar secara tunai dan sekaligus uang pesangon sebesar satu kali ketentuan undang-undang.

“Peralihan Pekerja dari yayasan tahun 1991 sampai 2016, akhirnya berubah jadi karyawan PT, itu sah,” tutur Ryan D Prasetya selaku kuasa hukum Yosephine, Senin (13/4/2020) seusai menghadiri persidangan yang beragendakan pembacaan putusan tersebut. Ditambahkannya, terhadap tuntutan penetapan besaran kekurangan upah yang diduga terjadi sejak tahun 2017, Majelis Hakim menganggap hal tersebut bukan wewenang Pengadilan Hubungan Industrial.

“Mengenai kekurangan upah, bukan mereka lembaga yang memiliki kewenangan. Jadi justru Majelis Hakim meminta kepada kami (Penggugat) untuk mengadukan hal ini ke instansi atau lembaga terkait,” tambah Ryan. Dalam pertimbangan hukumnya, Majelis Hakim menilai penetapan besaran kekurangan upah minimum, merupakan kewenangan Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan.

Mewakili Yosephine, Ryan mengaku dapat menerima putusan tersebut. Dan pihaknya mengaku telah mempersiapkan diri, apabila PT. Elokuensi Harapan Bangsa mengajukan upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung. “Apabila dilakukan upaya hukum kasasi, kami tidak akan gentar untuk mengajukan kontra memori kasasi,” tandasnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of