Selasa, 2 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
349

Kesalahan Apa Saja Yang Dilakukan BPJS Kesehatan, Ini Kata Mahkamah Agung!!!

Ilustrasi. (foto: jurnalsocialsecurity.com)

Jakarta, BuruhOnline.com – Mahkamah Agung (MA) menuding kesalahan dan kecurangan dalam pengelolaan serta pelaksanaan program jaminan sosial oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, telah menyebabkan terjadinya defisit Dana Jaminan Sosial (DJS) Kesehatan. Sehingga dalam putusannya, MA mengharuskan BPJS Kesehatan mencari jalan keluar yang baik dan bijaksana, bukan membebankan masyarakat.

Kenaikan iuran Jaminan Kesehatan, menurut MA, merupakan pengalihan beban kerugian yang ditimbulkan dari empat kesalahan pengelolaan DJS Kesehatan. Dalam Putusan Nomor 7 P/HUM/2020 bertanggal 27 Februari 2020 itu, ada ketidakseriusan koordinasi antar kementerian terkait dalam menjalankan fungsi dan tugasnya masing-masing. Selain itu, ketidakjelasan eksistensi Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), yang dianggap turut serta merumuskan kebijakan dan sinkronisasi penyelenggaraan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

“Karena hingga saat ini-pun, boleh jadi masyarakat belum mengetahui institusi (DJSN) apa itu,” demikian bunyi pertimbangan hukum pada Putusan yang diucapkan oleh Hakim Agung Supandi selaku Ketua Majelis Hakim, didampingi Hakim Anggota Yosran dan Yodi Martono Wahyunadi.

Supandi juga menyebut, adanya kesalahan dan kecurangan dalam pengelolaan program jaminan sosial kesehatan, tidak terlepas dari mandulnya Satuan Pengawas Internal BPJS Kesehatan. Kurangnya pelaksanaan pengawasan, menimbulkan kesan adanya pembiaran terhadap kecurangan-kecurangan yang terjadi. Pembiaran tersebut, akhirnya akan merugikan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sehingga, kenaikan iuran jaminan kesehatan bagi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Peserta Bukan Pekerja (BP) sebagaimana yang diatur dalam ketentuan Pasal 34 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan Presiden No. 75 Tahun 2019, secara sosiologis adalah bertentangan dengan kehendak masyarakat, tegas Supandi.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of