Jumat, 5 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
376

Kontrak Diperpanjang Jika Pekerja Bersedia Diturunkan Jabatannya

Jakarta, BuruhOnline.com – Diah Fitri menolak keputusan PT. Pulo Mas Jaya yang akan menurunkan jabatannya, dari level manajer ke asisten manajer. Atas penolakan tersebut, akhirnya Perusahaan tidak memperpanjang perjanjian kerja waktu tertentu (kontrak) Diah terhitung 3 September 2019. Padahal, masa kontrak yang ditandatanganinya telah berakhir sejak 30 Agustus 2019.

“Kalau saya setuju PKWT hari ini, maka jabatan saya akan diturunkan dari manajer menjadi asisten,” tutur Diah, Senin (13/4/2020). Alasannya menolak, karena saat dirinya melamar pekerjaan yakni sebagai manajer. Tetapi Perusahaan bersikeras telah menuduh Diah bekerja tidak tepat waktu. Anggapan itu dibantah olehnya. Sebab, pekerjaan sebagai akuntan tidak dilakukannya sendiri. Sehingga keterlambatan penyusunan laporan keuangan, juga dipengaruhi dari bagian kerja lainnya.

“Laporan keuangan itu-kan pekerjaan tim. Seluruh elemen yang ada di Perusahaan-kan bermuara ke acoounting. Jadi itu gak bisa disalahkan acoounting sendiri. Jadi salah satu mandeg, maka laporan keuangan juga akan mandeg,” ujar Diah usai menghadiri persidangan yang beragendakan pemeriksaan identitas para pihak. Terhadap permasalahan tersebut, Dinas Tenaga Kerja telah menganjurkan Diah menerima kompensasi pengakhiran hubungan kerja.

Akan tetapi, anjuran Disnaker, ditolak Diah. Ia dalam surat gugatannya yang diajukan melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, menuntut dipekerjakan kembali sebagai manajer tanpa dikurangi hak-haknya. Diah juga meminta agar selama tidak dipekerjakan, upah dan tunjangan akhir tahunnya dibayar sampai dengan adanya putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of