Sabtu, 6 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
458

Pengadilan Kabulkan Gugatan Pekerja, Kawan Lama Dihukum Bayar Pesangon

Jakarta, BuruhOnline.com – Dalil PT. Kawan Lama Sejahtera, yang menyatakan hubungan kerja Hans Karius Sembiring hanya dengan PT. Krisbow Indonesia, ditolak oleh Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (13/4/2020). Gugatan Hans yang menuntut diberikan uang pesangon oleh PT. Kawan Lama Sejahtera dianggap beralasan menurut hukum untuk dikabulkan. Sebab, Hans dapat membuktikan dirinya sebagai Pekerja sejak Nopember 2001.

Dalam amar putusan yang dibacakan oleh Hakim Duta Baskara, PT. Kawan Lama Sejahtera dihukum untuk membayar uang pesangon dua kali ketentuan undang-undang kepada Hans, akibat pengakhiran hubungan kerja secara sepihak yang pernah terjadi di pertengahan tahun 2013. Sedangkan terhadap tuntutan Hans yang meminta pembayaran tunjangan hari raya, tidak dipertimbangkan oleh Majelis Hakim.

“Dalam hal ini, khususnya uang pesangon sudah dikabulkan secara penuh yaitu dua kali PMTK (Peraturan Menteri Tenaga Kerja),” tandas Hans. Atas putusan tersebut, ia mengaku cukup puas. Walau tuntutan terhadap pembayaran upah dan tunjangan hari raya, selama proses akibat pemberhentian secara sepihak, ditolak. Ia berharap, momentum atas dikabulkannya gugatan di Pengadilan, dapat menjadi motivasi bagi Pekerja lain. “Mudah-mudahan ini bisa jadi pelajaran untuk semua, baik yang sudah berhenti bekerja atau masih bekerja di Perusahaan tersebut,” ujarnya.

Seperti telah diberitakan, Hans dipindah tugaskan (spin off) antar badan hukum, tanpa melalui pengakhiran hubungan kerja terlebih dahulu. Sehingga Hans dalam persidangan, salah satunya mengajukan bukti berupa Putusan Mahkamah Agung No. 520 K/Pdt.Sus-PHI/2017. Dalam putusan tersebut, ungkap Hans, mutasi antar Perusahaan haruslah disertai dengan pembayaran uang pesangon dua kali ketentuan.

Sebagai Sales Supervisor itu, Hans menuntut PT. Kawan Lama Sejahtera untuk memberikan uang pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak, sebagai kompensasi dari pengakhiran hubungan kerja terhadapnya. Sebab, sejak tahun 2013 sampai dengan 2019, dirinya justru ditempatkan oleh PT. Kawan Lama Sejahtera di Perusahaan yang berbeda badan hukumnya yakni PT. Krisbow Indonesia. Ia juga menyampaikan surat pemberhentian yang dibuat oleh PT. Kawan Lama Sejahtera, terkait dengan pengakhiran hubungan kerja dilakukan karena berakhirnya masa kontrak, adalah tidak benar. Karena dirinya tidak pernah merasa ada pemutusan hubungan kerja sejak bekerja terhitung Nopember 2001.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of