Sabtu, 6 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
517

Penggugat: Pekerja Harus Berani Melapor Jika Diberhentikan Secara Sepihak

Jakarta, BuruhOnline.com – Lanjutan sidang perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja antara Kristin Anggar Kusuma melawan PT. Asuransi Reliance Indonesia, kembali digelar Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (15/4/2020). Usai menghadiri persidangan, Kristin menghimbau kepada Pekerja yang diperlakukan secara semena-mena, dengan cara diberhentikan secara sepihak harus berani memperjuangkan hak-haknya.

“Harus ada whistleblower, untuk berani mengungkapkan ke Disnaker dan PHI. Janganlah Perusahaan memperlakukan karyawan semena-mena,” ujar Kristin. Ia tak terima diputuskan hubungan kerja pada bulan September sebelum masa kontraknya berakhir. Sebab, Kristin diperjanjikan kerja waktu tertentu untuk masa waktu selama 6 (enam) bulan sejak bulan Agustus 2019.

Ia telah berusaha untuk menyelesaikan permasalahan pemberhentiannya tersebut ke Dinas Tenaga Kerja. Bahkan dalam anjurannya, Disnaker telah merekomendasikan agar PT. Asuransi Reliance Indonesia, membayar uang pesangon sebesar dua bulan upah, uang penggantian hak, dan upah selama proses sebanyak 6 (enam) bulan upah.

Kuasa hukum Kristin, Arbaningo membantah jawaban gugatan Perusahaan yang menyatakan hubungan kerja Kristin adalah sedang menjalani masa percobaan. Lebih lanjut ia mengatakan, alasan Perusahaan memberhentikan Kristin karena bagian kerjanya mengalami penutupan, juga dibantahnya. “Faktanya di bulan November, divisi klien kami masih ada,” tandas Arbaningo.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Kristin Anggar Kusuma meminta PHI Jakarta Pusat untuk menetapkan besaran uang pesangon, sebagai akibat dari pengakhiran hubungan kerja yang dilakukan oleh PT. Asuransi Reliance Indonesia. Meskipun baru bekerja, Kristin menilai pemberhentian yang dilakukan Perusahaan haruslah disertai kompensasi.

Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim M. Djoenanidie, kembali menunda sidang hingga dua pekan depan, untuk memberi kesempatan kepada Kristin menghadirkan tambahan saksi dari pihaknya. Ditambahkan Arbaningo, saksi yang dihadirkannya untuk menegaskan adanya hubungan kerja antara Kristin dengan Perusahaan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of