Sabtu, 6 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas
328

Telah Ada PKB, Mutasi Antar Perusahaan Dianggap Boleh

Jakarta, BuruhOnline.com – Dalam jawaban gugatan, PT. Citra Makmur Lestari Motorindo menganggap pemindahan tugas (mutasi) Yana Suryana dan kawan-kawan (7 orang) dari Jakarta ke Palembang, telah sesuai dengan Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Tak hanya mutasi antar wilayah, kesepakatan tersebut juga mengatur perpindahan Pekerja yang semula di PT. Citra Makmur Lestari Motorindo ke PT. Thamrin Brother.

Dalam sidang yang beragendakan penyerahan bukti surat dari pihak Pekerja, Yana dan kawan-kawan melalui kuasa hukumnya, Rohman mengatakan, pihaknya tetap meminta agar Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, mempekerjakan kembali. Sebab, pengalihan kegiatan operasional yang dilakukan Perusahaan terhitung bulan Oktober 2019, adalah tidak sah dan harus dibatalkan.

“Kalau selama ini, pelajaran kasus sebelumnya, yaitu mutasi ya, itu diputus hubungan kerjanya ya. Ya kita-sih tetap di gugatan dipekerjakan kembali di PT sebelumnya, gitu,” ujar Rohman, Senin (13/4/2020) usai menghadiri persidangan yang digelar diruang sidang Oemar Seno Adji 2, gedung PHI Jakarta Pusat.

Rohman mengaku telah menyerahkan 60 bukti surat ke hadapan Majelis Hakim yang diketuai oleh Hakim Duta Baskara. Dari bukti-bukti tersebut, pihak Pekerja mengajukan dokumen akta pendirian Perusahaan yang bernama PT. Citra Makmur Lestari Motorindo, bukan PT. Thamrin Brother.

Lebih lanjut dikatakan Rohman, alasan Perusahaan mengalihkan kegiatan operasional karena mengalami kerugian selama dua tahun berturut-turut. Hal tersebut juga terjadi akibat adanya penggelapan uang yang dilakukan oleh salah seorang Pekerja hingga mencapai satu miliar lebih. “Kita tidak begitu percaya. Nyatanya pendapatan dan penjualan juga berjalan normal seperti biasa,” tandasnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of