Selasa, 2 Juni 2020 | Saatnya Buruh Cerdas

Ajukan Pensiun, Kok Malah Dianggap Resign?

Konsultasi KetenagakerjaanKatagori: QuestionsAjukan Pensiun, Kok Malah Dianggap Resign?
Kusmiyati asked 2 bulan ago

Usia 64 tahun awalnya mengajukan pensiun tidak disetujui, maju ke direksi akhirnya diminta buat surat pengajuan pensiun, sampai di HRD dibilang mengundurkan diri masa kerja 33 tahun. Dengan usia 64 tahun karyawan tidak dipensiunkan mengajukan pensiun dianggap mengundurkan diri apahal ini bisa dilaporkan keDisnaker? Minta ditunjukan Peraturan Perusahaan pun tidak diberikan. Mohon pencerahan nya. Terima kasih

1 Answers
adminbo Staff answered 2 bulan ago

Halo Pembaca BuruhOnline,
Berdasarkan Pasal 167 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, pada dasarnya yang memutuskan hubungan kerja karena pensiun adalah kewenangannya Pengusaha. Sehingga Pekerja hanya pada tahap mengajukan pemberitahuan capaian usia pensiun. Terlebih dahulu, kami ingin menjelaskan mengenai batas usia pensiun. Dalam UU Ketenagakerjaan, tidak diatur mengenai limitatif usia pensiun seorang Pekerja swasta. Tetapi jika hendak menggunakan beberapa putusan pengadilan, maka dipertimbangan hukumnya lebih banyak menerapkan Pasal 15 Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2015. Terhitung sejak 1 Januari 2019, batas usia pensiun ditetapkan 57 tahun. Sehingga dengan mempertimbangkan usia Anda yang sudah 64 tahun dengan masa kerja 33 tahun, maka Anda seharusnya sudah diputus hubungan kerjanya karena usia pensiun.
Terkait dengan kualifikasi mengundurkan diri yang dilakukan Perusahaan, tentu tidaklah benar. Anda seharusnya diputus hubungan kerjanya dengan kualifikasi usia pensiun dan berhak atas uang pesangon sesuai Pasal 167 UU Ketenagakerjaan. Dengan demikian, Anda berhak mengajukan permohonan penyelesaian melalui lembaga yang sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004.
Demikian, semoga bermanfaat.