Sabtu, 28 Maret 2020 | Saatnya Buruh Cerdas

Bayar 15 Juta Atau Ijazah Ditahan?

Konsultasi KetenagakerjaanKatagori: QuestionsBayar 15 Juta Atau Ijazah Ditahan?
Yanti asked 1 minggu ago

Saya punya adik yang bekerja di rumah sakit diMedan. saat ini Rumah Sakit tempat dia bekerja sedang bangkrut, sehingga dia dirumahkan oleh RS. Dalam setahun terakhir dia juga gajian tidak tepat waktu, dan kadang dicicil krn selama satu bulan belum tentu gajian. Selama dirumahkan ini hanya mendapatkan 1 jt setiap bulan, dan itu tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya karena harus bayar cicilan dan biaya hidup. Maka dia berniat utk mencari pekerjaan ditempat lain dan resign dari RS tempat bekerja saat ini. Tetapi pihak Rumah Sakit mengatakan bahwa adik saya tidak boleh resign, jika resign maka saya harus membayar ke RS lebih kurang 15jt dan Ijazah saya tidak akan dikembalikan, karena pada waktu kerja semua ijazah mereka wajib diserahkan ke RS. Mohon bantuannya apa yang harus dilakukan. saya sungguh kasihan dengan adik saya. Terima kasih

1 Answers
adminbo Staff answered 1 minggu ago

Terima kasih telah menjadi Pembaca Buruh-Online.com
Atas pertanyaan Saudara, terlebih dahulu perlau kami sampaikan, apakah ada perjanjian yang berkaitan dengan pembayaran penahanan ijazah? Jika ada, maka berdasarkan Pasal 1338 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer), menyatakan bahwa setiap perjanjian yang dibuat secara sah maka bagi para pihak yang membuatnya berlaku sebagai undang-undang, sehingga secara hukum wajib dipenuhi. Namun, setiap perjanjian yang dibuat tidak boleh bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, yang dapat menyebabkan perjanjian tersebut batal demi hukum.
Dalam ketentuan perundang-undangan ketenagakerjaan yang berlaku, tidak ada satu ketentuan-pun yang membolehkan penahanan ijazah. Sehingga, berkaitan dengan penahanan ijazah yang dilakukan oleh perusahaan, sebaiknya diselesaikan secara musyawarah. Namun apabila pihak perusahaan tetap tidak bersedia mengembalikan ijazah dimaksud, maka perusahaan dapat digugat ke pengadilan (https://buruh-online.com/2019/03/ijazah-s2-ditahan-siemens-di-meja-hijaukan.html) atau dilaporkan ke Polisi.
Demikian tanggapan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.