Sabtu, 28 Maret 2020 | Saatnya Buruh Cerdas

Ditawarkan Mundur Diri atau PHK, Apakah Sebuah Tekanan?

Konsultasi KetenagakerjaanKatagori: QuestionsDitawarkan Mundur Diri atau PHK, Apakah Sebuah Tekanan?
Alex asked 1 bulan ago

Apakah pemberian opsi pengunduran diri atau PHK kepada karyawan yang melakukan kesalahan berat dapat dianggap bahwa perusahaan telah memberikan tekanan kepada karyawan ?

1 Answers
adminbo Staff answered 1 bulan ago

Dear Pembaca BuruhOnline yang baik,
Terhadap pertanyaan Saudara, apabila hendak dikaitkan dengan tawaran mengundurkan diri atau pemberhentian kesalahan berat, maka hal tersebut dapat kami ilustrasikan, bahwa ada kejadian yang Saudara lakukan dan termasuk sebagai pelanggaran berat. Atas kejadian itu, Saudara diberikan pilihan, apakah mau mengundurkan diri atau di-PHK dengan kesalahan berat.
Menurut kami, tawaran tersebut bukanlah tekanan seperti yang Saudara maksud. Namun begitu, mengundurkan diri memiliki syarat-syarat harus ditempuh sesuai dengan mekanisme yang telah diatur dalam pasal 162 Undang-undang Nomor 13 tahun 2003. Jika salah satu syaratnya tidak terpenuhi, maka pengunduran diri Saudara tidak sah. Sedangkan terkait dengan PHK kesalahan berat, merupakan PHK yang terlebih dahulu harus dibuktikan pada suatu mekanisme pembuktian di pengadilan, apalagi kesalahan berat yang dimaksud berhubungan dengan perbuatan pidana (harus ada putusan pengadilan pidana). PHK kesalahan berat tanpa putusan pidana, maka PHK menjadi tidak sah.
Demikian, semoga Saudara bisa memilih yang lebih tepat.